Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Langkah Awal Mempersiapkan dan Menentukan Bisnis Online

Langkah Awal Mempersiapkan dan Menentukan Bisnis Online

Untuk mempersiapkan dan menentukan suatu bisnis online yang akan dibangun, sepertinya banyak orang akan merasa bingung. Hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan bagaimana menentukan suatu bisnis online yang akan dibangunnya. Dalam tulisan ini, sedikit penulis akan memaparkan langkah awal dalam mempersiapkan dan menentukan suatu bisnis online. Adapun hal yang perlu dipersiapkan diantaranya :

1. Hardware (Perangkat Keras)

Bisnis online dibangun dalam sebuah sistem yang terdapat dalam suatu perangkat keras (hardware). Maka, langkah awal untuk mempersiapkan suatu bisnis online adalah dengan mempunyai perangkat keras. Untuk meminimalisir modal, perangkat keras ini bisa dimiliki atau dibeli secara bertahap. Namun, hal yang paling utama untuk dimiliki seorang pebisnis online adalah smartphone dan jaringan internet. Jika bisnis tersebut semakin berkembang, pebisnis bisa mulai membeli komputer atau laptop agar kegiatan dan aktivitas dalam menjalankan bisnis bisa lebih efektif. Perangkat keras (hardware) lain yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis online seperti printer, kamera, flash disk dan webcam.

2. Software (Perangkat Lunak)

Keberadaan perangkat keras tidak bisa dilepaskan dari perangkat lunaknya (software). Karena tanpa software suatu perangkat keras tidak akan berfungsi dan bermanfaat sebagaimana mestinya. Maka, perangkat lunak ini sangat dibutuhkan guna mendukung bisnis online dan menjalankannya secara optimal dan maksimal. Contoh perangkat lunak seperti Internet Explorer, Chrome dan lain - lain.

3. Operator (Perangkat Hidup)

Setelah kita memiliki perangkat keras dan lunak, maka hal yang perlu kita miliki selanjutnya adalah operator (perangkat hidup). Seorang operator harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan kedua perangkat tersebut, supaya kinerja dan perjalanan suatu bisnis online yang dibangun bisa lebih maksimal. Agar lebih menghemat modal biaya, langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan kita selaku pemilik bisnis yang menjadi operator bisnis kita sendiri, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar operator lain.

4. Membuat Website

Website adalah kumpulan halaman web yang bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet. Didalamnya terdapat informasi, baik berupa teks, gambar, video dan lain sebagainya. Untuk mempersiapkan suatu bisnis secara online maka sangatlah penting seorang pebisnis memiliki website. Hal tersebut berfungsi sebagai tempat atau wadah yang berisikan segala informasi bisnis yang kita tawarkan. Seorang pengguna internet akan dengan mudah melihat informasi tersebut dan berpotensi tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Untuk membuat suatu website sangatlah mudah sekali, bisa berbayar dengan membeli domain atau bisa juga gratisan akan tetapi mencantumkan nama penyedia layanan. Salah satu contoh untuk membuat website gratis bisa dengan membuatnya di Blogger.com

5. Membuat Konten

Setelah kita memiliki website, maka langkah selanjutnya adalah membuat konten. Konten menurut KBBI adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Melalui konten tersebut kita bisa menjelaskan tentang bisnis yang kita tawarkan. Jika kita berbisnis toko buku online, maka konten yang dibuat harus sesuai dengan peminat buku. Bisa jadi konten tentang tips membeli buku online, merawat buku dan lain sebagainya.

Baca Juga : Bisnis Online, Keuntungan dan Contoh - Contohnya

Setelah kita mempersiapkan lima hal diatas, maka tibalah kita untuk menentukan bisnis online apa yang akan kita bangun atau kerjakan. Dalam menentukan bisnis online yang ingin kita bangun maka seyogyanya kita melihat kedalam diri kita sendiri. Akan lebih baik jika bisnis yang kita kerjakan sesuai dengan hobi dan kemampuan yang kita miliki. Hal tersebut supaya kedepannya bisnis itu berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan rasa malas. Karena biasanya rasa malas bisa timbul jika kita berbisnis sesuatu yang kita tidak sukai. Jika kita menyukai olahraga maka berbisnislah sesuatu yang ada kaitannya dengan olahraga, jika kita suka menulis atau membaca maka bisa berbisnis toko buku online, dan lain sebagainya.

Apabila kita sudah matang menentukan suatu bisnis online yang akan kita bangun dan kerjakan. Maka langkah selanjutnya adalah menjalankan bisnis online tersebut dan melakukan promosi.

Istilah - Istilah dalam Bisnis Online :

E – Commerce : adalah kepanjangan dari elektronik commerce, yaitu suatu sistem perdagangan atau jual beli melalui media alat elektronik. Transaksi perdagangan ini bisa diakses melalui jaringan internet, televisi, dan jaringan komputer lainnya.

Merchant : adalah suatu perusahaan, pedagang atau penyedia jasa dan layanan yang berada didunia internet.

Affiliasi : adalah suatu program dimana suatu merchant memberikan komisi kepada pemilik web atau situs yang bisa menarik pengguna internet untuk membeli produk atau menggunakan jasanya.

Komisi : adalah imbalan yang diberikan seseorang kepada orang lain, karena mampu atau bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan yang telah diberikan.

Baca Juga : Rekomendasi Buku Inspirasi, Bisnis, Parenting, Psikologi, dan Pengembangan Diri Umum

Page View : adalah perkiraan pengguna internet yang mengunjungi laman website kita.

URL : adalah kepanjangan dari uniform resource locator, yang merupakan rangkaian karakter yang disusun sebagai alamat atau lokasi website kita.

Site : adalah suatu program dengan format html yang berada didalam dunia internet.

Link : adalah teks yang bisa menghubungkan suatu halaman ke halaman lain didalam dunia internet.

TAC : adalah kepanjangan dari term and conditions, yaitu suatu peraturan yang ditetapkan oleh suatu website atau merchant yang mengikat penggunanya.

Account : adalah data atau identitas diri seorang pengguna internet yang bersifat virtual didunia maya.

Visitor : adalah jumlah seluruh pengguna internet yang mengunjungi suatu website atau blog dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga : Buka Jendela Duniamu : Tips Membiasakan Membaca - Minpena

Unique Visitors : adalah pengguna internet yang mengunjungi suatu website atau situs beberapa kali. Misalkan, ada seorang pengguna internet yang mengakses suatu situs 10 kali dalam satu pekan, maka ia dinilai sebagai unique visitors. Jika hanya mengunjungi satu kali, maka dinilai sebagai visitor biasa.

PPC : adalah kepanjangan dari Pay Per Click, yaitu sistem pemberian komisi kepada pemasang iklan atau pemilik web, karena terjadi klik pada iklan yang dipasang diwebsitenya.

Comment : adalah suatu fitur yang memberikan fasilitas kepada pengguna internet untuk memberikan komentar atau meninggalkan feedback dihalaman suatu website.

Feed : adalah suatu fitur yang menyediakan update konten dari website atau situs favoritnya.

FTP : adalah kepanjangan dari file transfer protocol, yaitu sebuah software yang berfungsi untuk mentransfer data dari suatu computer ke server.

Niche : adalah suatu topik atau subjek tertentu dalam dunia internet atau website. Seperti contoh, suatu website dinilai memiliki niche pendidikan, jika konten – konten yang ada didalam website tersebut tidak terlepas dari konten – konten pendidikan.

Page Rank : adalah sebuah matrik yang digunakan oleh google untuk menilai tingkat kepercayaan pengguna internet terhadap suatu website. Suatu website yang memiliki page rank tinggi maka konten – konten yang diuploadnya berpotensi menempati halaman pertama mesin pencarian digoogle.

Baca Juga : Eksperimen Max von Pettenkofer Meminum Bakteri Kolera

PHP : adalah kepanjangan dari programming Hypertext processor, yaitu suatu bahasa pemrograman yang didesain untuk membuat halaman yang bersifat dinamis dalam suatu website.

RSS : adalah kepanjangan dari Really Simple Syndication, adalah suatu format yang berfungsi untuk mengirim konten – konten terbaru dari sebuah situs.

Tag : adalah fitur yang digunakan untuk mengklasifikasi suatu konten.

XML : adalah kepanjangan dari Extensible Markup Language, yaitu bahasa markup yang diciptakan oleh konsorsium World Wide Web.

SERP : adalah kepanjangan dari search engine results page, yaitu hasil pencarian sesuai kata kunci yang diketikkan dalam mesin pencarian google.

Baca Juga : Rekomendasi Buku Islami, Inspirasi dan Islami Lainnya

Banned : adalah fitur yang berfungsi untuk memblok atau menutup akses kepada seseorang atau beberapa  orang supaya tidak bisa mengakses situs yang kita miliki.

Benner : adalah spanduk virtual yang muncul dalam sebuah halaman website.

IP Address : adalah deretan angka yang menjadi identitas suatu komputer didalam dunia internet.

Postingan : adalah tulisan artikel, pesan, berita atau informasi dalam sebuah situs.

Script : adalah kumpulan kode – kode yang berisi perintah untuk menjalankan suatu tugas dalam dunia internet.

Diberdayakan oleh Blogger.
close