Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

[Review Buku] Kitab Firasat : Ilmu Membaca Sifat dan Karakter Manusia dari Bentuk Tubuhnya - Imam Fakhruddin ar - Razi

Buku kitab firasat

Informasi Buku

Judul : Kitab Firasat Ilmu Membaca sifat dan karakter manusia dari bentuk tubuhnya.

Judul Asli : Al – Firasah : Daliluka ila Ma’rifah Akhlaq an – Nas wa Thabai’ihim wa ka’annahum Kitabun Maftuh.

Penulis : Imam Fakhruddin ar – Razi

Penerjemah : Fuad Syaifuddin Nur

Penerbit : Turos Pustaka

ISBN : 978 – 623 – 7327 – 07 – 3

Ukuran Buku : 14 x 21 cm

Jumlah Halaman : 200

Cetakan : Ke – 12, Februari 2023

Review Buku

“Buku ini cocok untuk orang tua, guru, psikolog, jurnalis, penegak hukum, HRD, pebisnis, dan juga para pencari pasangan hidup.”

Ketika membaca tulisan tersebut tepat dibagian atas cover buku, saya cukup merasa tertarik dengan buku ini. Ditambah terdapat keterangan bahwa buku ini ditulis sejak 1000 tahun yang lalu dan bahkan menjadi salah satu buku best seller penerbit. Sampai akhirnya saya membeli dan membaca buku ini sampai habis.

Pada bagian awal buku, terdapat pengantar dari penahkik, informasi tentang penulis sampai dengan mukadimah. Dalam bagian ini belum masuk ke pembahasan utama buku.

Pada bagian selanjutnya mulai masuk ke pembahasan utama. Diawali dengan pembahasan mengenai ilmu firasat, pembagian ilmu firasat dan metode dalam ilmu firasat. Dijelaskan pula perbedaan ilmu firasat dengan ilmu – ilmu lain yang sekilas serupa.

Dalam pembahasan berikutnya, masuk ke pembahasan bagaimana teknik – teknik untuk mengetahui watak seseorang, bagaimana kepribadian yang ideal, bagaimana watak manusia yang berhubungan dengan tahapan usia, kondisi ekonomi, letak geografis dan bagaimana mengetahui watak atau karakteristik seseorang berdasarkan petunjuk dari organ – organ tubuh seperti dahi, alis, mata, hidung, mulut, bibir, lidah, wajah, tawa, telinga, leher, suara, napas, ucapan, penampilan, tulang sulbi, gerakan, perut, punggung, lengan, telapak lengan sampai dengan kuku, pinggul, betis dan telapak kaki. Selain itu, terdapat pembahasan – pembahasan lain yang cukup menarik dalam buku ini.

Ketika awal membaca buku ini, jujur bagi saya cukup berat. Karena terdapat penjelasan mengenai bentuk – bentuk tubuh atau fisik tertentu, yang dimana bagi saya cukup sulit untuk diimajinasikan. Karena kadang, ada hal – hal yang bersifat subjektif mengenai penggambaran hal tersebut. Misalkan, bibir yang tebal, bagi sebagian orang mengatakan si A bibirnya tebal, tapi mungkin bagi sebagian orang lain mengatakan bahwa bibirnya biasa saja tidak tebal. Namun, adanya gambar – gambar dalam buku ini cukup membantu saya untuk tetap melanjutkan membaca.

Baca Juga :

Bagi saya, mungkin perlu membaca buku ini dua kali atau lebih untuk mendapatkan pemahaman yang baik. Karena seperti yang saya katakan sebelumnya buku ini cukup berat, namun isi didalam buku ini insyaallah bermanfaat terutama bagi para orang tua, guru, psikolog, jurnalis, penegak hukum, HRD, Pebisnis, dan juga para pencari pasangan hidup untuk memberikan gambaran awal tentang watak dan karakter seseorang dilihat dari bentuk lahiriah dan kondisi seseorang. Namun, perlu digaris bawahi bahwa pengetahuan yang didapat dari hal tersebut tidak boleh di mutlakkan kebenarannya.

Sebagai kesimpulan, dari informasi yang didapat, penulis yaitu Imam Fakhruddin ar – Razi atau yang bernama asli Muhammad bin Umar bin Hasan bin Husain at – Taimi al – Bakri yang lahir di kota Ray dan meninggal di Herat, Afghanistan pada tahun 554 – 606 H/ 1150 – 1210 M adalah seorang imam ahli tafsir, orang yang paling cemerlang pada masanya baik dalam bidang logika atau keagamaan. Sehingga, tulisan – tulisannya termasuk dalam buku ini cukup direkomendasikan oleh banyak masyarakat islam.

Review oleh Mushpih Kawakibil Hijaj.

Diberdayakan oleh Blogger.
close