Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

[Review Buku] Turn On Your Motivation - Lubis Grafura & Ari Wijayanti

 

 

    Turn on your motivation karya Lubis Grafura dan Ari Wijaya merupakan bentuk karya essai singkat yang terdiri atas 172 halaman. Desain buku ini tampak ceria dan menarik dengan warna biru muda pada softcovernya.

    Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi motivasi untuk pengembangan pemikiran para pembacanya. Kalimat yang disajikan dalam setiap paragraf sangat ringan sehingga mudah dipahami. Tidak seperti buku lain yang berfokus pada opini si penulis, buku Turn On Your Motivation terdiri dari banyak kutipan tokoh dalam buku terkenal yang dirangkai hingga menjadi satu paragraf.

    Motivasi dalam buku ini dikemas dalam bentuk paragraf singkat dan kalimat-kalimat persuasif untuk segera memulai perubahan, banyak pula kutipan tokoh terkenal mulai dari tokoh Indonesia hingga mancanegara. Salah satu kutipan yang membekas bagi saya yaitu "Tidak perlu membakar buku untuk menghancurkan suatu bangsa. Hal yang perlu dilakukan cukup membuat orang-orangnya berhenti membaca." Kutipan Ray Bradbury, sastrawan Amerika Serikat ini menyadarkan kita seberapa pentingnya membaca untuk kehidupan. Apalagi kita ketahui bahwa budaya literasi Indonesia masih begitu rendah.

    Berbeda dari buku lain yang menampilkan cerita dari awal hingga akhir sesuai urutan halaman, para pembaca buku ini seolah diajak berpetualang. Buku ini sangat interaktif, beberapa kali pembaca akan melompati halaman, bahkan kita akan kembali ke halaman sebelumnya sebagai penegasan.

    Pesan tersirat dalam buku ini tidak selalu sejalan dengan pemikiran orang kebanyakan, beberapa pendapat malah seolah membuat dobrakan. Seperti anggapan bahwa nilai tidak menentukan kesuksesan, padahal yang kita ketahuk para pelajar atau bahkan orang tua begitu mengagungkan nilai. Penulis sangat cerdas dengan menonjolkan tokoh Indonesia sebagai role model untuk siap berubah. Menteri kelautan dan perikanan tahun 2014-2019 atau yang kita kenal sebagai ibu Susi Pudjiastuti dijadikan cermin berkat segala pencapaiannya. Beliau bahkan mengikuti ujian Paket C agar mendapat ijazah setara SMA. Semangat dan kegigihan menjadi pengusaha di bidang penerbangan patut diteladani.  

    Menurut saya buku ini sangat cocok untuk dibaca semua kalangan, terutama pelajar. Apalagi Untuk teman-teman yang tidak begitu menyukai buku bacaan yang tebal dengan tulisan penuh, buku ini juga bisa menjadi pilihan. Buku ini mendorong para generasi muda untuk berani melakukan perubahan dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Jika telah tergerakkan, penulis malah menginstruksikan pembaca menutup buku dan mulai melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk perubahan diri ke arah yang lebih positif. seperti kalimat terakhir dari penulis, "Tutup buku ini dan buka kembali saat kamu membutuhkannya."

 

Review buku oleh : Rizka Awaliah

Diberdayakan oleh Blogger.
close