Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Bisnis Online, Keuntungan dan Contoh - Contohnya

Dalam kehidupan sehari - hari di kota maupun desa, sudah sangat familiar dengan kalimat "bisnis online". Lantas, apa itu bisnis online? apa keuntungan dan contoh - contohnya?

Pengertian Bisnis Online

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan. Adapun orang yang melakukan bisnis disebut pebisnis. Para ahli mencoba mendefiniskan arti bisnis ini, diantaranya :

Bisnis Menurut Prof. Owen

Bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang - barang untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.

Bisnis Menurut Hooper

Bisnis adalah segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan, insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani, dan memasuki secara utuh dunia bisnis secara menyeluruh.

Bisnis Menurut Griffin dan Ebert

Bisnis adalah aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen.

Baca Juga : Rekomendasi Buku Inspirasi, Bisnis, Parenting, Psikologi dan Pengembangan Diri Umum

Bisnis Menurut Hughes dan Kapoor

Bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bisnis Menurut Jeff Madura

Bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

Bisnis Menurut Brown dan Pretello

Bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba atau tidak.

Bisnis Menurut L. R. Dicksee

Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Bisnis Menurut Huat, T. Chwee

Bisnis adalah suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.

Bisnis Menurut Allan Afuah

Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.

Baca Juga : Pengertian Modernisasi dan Globalisasi

Bisnis Menurut Musselman dan Jackson

Bisnis adalah suatu kegiatan yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomi masyarakat dan mengorganisir sebuah perusahaan untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

Dari definisi - definisi para ahli diatas, bisa disimpulkan bahwa bisnis adalah suatu kegiatan usaha yang memproduksi, menjual belikan barang atau jasa guna menghasilkan keuntungan bagi pebisnis dan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasaan masyarakat. Adapun bisnis online adalah suatu kegiatan bisnis tersebut dilakukan melalui internet didunia maya.

Baca Juga : Buka Jendela Duniamu : Tips Membiasakan Membaca - Minpena

Keuntungan Bisnis Online

Secara garis besar ada 4 keuntungan bagi pelaku bisnis online, diantaranya :

Meminimalisir Biaya Operasional

Biaya operasional adalah biaya atau dana yang dikeluarkan untuk menjalankan aktivitas sehari - hari sebuah bisnis. Dengan bisnis online biaya tersebut bisa diminimalisir. Contohnya, jika kita berbisnis secara offline atau konvensional, kita membutuhkan biaya transportasi sehari - hari untuk datang dan pulang dari perusahaan atau tempat bisnis kita. Tapi dengan bisnis online biaya tersebut bisa diminimalisir karena kita cukup berada dirumah hanya dengan bermodal jaringan internet saja.

Meminimalisir Modal Bisnis

Modal adalah harta benda baik itu uang, barang, atau lain sebagainya yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu atau menambah sesuatu tersebut. Dengan bisnis online, biaya yang digunakan untuk modal bisa lebih minim. Jika dengan bisnis konvensional seperti misalkan bisnis toko buku, maka kita perlu modal untuk menyewa suatu lahan atau tempat yang akan dijadikan toko buku tersebut. Tapi dengan bisnis online, cukup kita membuat website atau membuat akun penjual di marketplace, hal itu bisa meminimalisir biaya modal bahkan bisa gratis.

Meminimalisir Karyawan

Karyawan adalah orang yang bekerja dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Semakin besar suatu bisnis maka akan semakin membutuhkan banyak karyawan untuk mengelolanya. Namun dengan bisnis online, hal itu bisa diminimalisir karena pekerjaan dalam bisnis online tidak sebanyak dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Bisa Mendapat Pelanggan Dari Berbagai Wilayah

Karena ruang dari bisnis online itu dunia maya atau internet, maka kita bisa mendapat pelanggan dari berbagai wilayah bahkan yang jauh sekalipun. Hal itu dipermudah dengan adanya jasa kirim antar wilayah. Berbanding terbalik dengan bisnis konvensional, wilayah bisnis kita akan terbatas dan sulit untuk menjangkau pelanggan dari wilayah yang jauh.

Bisa Dilakukan Dimana dan Kapan pun

Keuntungan yang satu ini mungkin tidak bisa dilakukan jika kita memilih bisnis konvensional. Karena bisnis konvensional terbatas akan ruang dan waktu. Sedangkan bisnis online, ruang dan waktu kita sangatlah bebas. Karena bisnis tersebut berada di jaringan internet yang dalam sekejap bisa kita akses.

Baca Juga : [Review Buku] Sebuah Autobiografi Inu Kencana Syafi'i : Bongkar!

Contoh - Contoh Bisnis Online

Ada beberapa contoh bisnis online, diantaranya : Toko Online, Home Industri Online, Tempat Lelang Online, Bisnis Informasi dan Pengetahuan Secara Online, Agensi Online dan Service Online, dan Bisnis Periklanan Online.

Toko Online

Toko online secara garis besar hampir sama dengan toko biasa, yaitu tempat untuk menjualkan suatu produk kepada konsumen. Namun, toko online dibuat di jejaring maya atau internet sehingga tidak membutuhkan lahan atau tempat secara nyata. Toko online bisa dibuat di situs atau website. Sekarang bisa lebih mudah karena kita bisa membuat toko dan berjualan di Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain - lain.

Home Industri Online

Home industri adalah industri rumahan didunia nyata yang memproduksi suatu barang atau produk. Seperti industri kerajinan tangan, aksesoris, sepatu, baju dan lain sebagainya. Home industri online adalah industri rumahan yang memasarkannya produknya didunia maya secara online. Dengan membuat website yang berisi keterangan produk atau membuat galeri online, hal itu bisa saja menjangkau pelanggan yang jauh bahkan kebelahan bumi lain.

Tempat Lelang Online

Dengan media online kita bisa membuat bisnis tempat lelang barang. Hal itu dilakukan dengan membuat suatu website yang bisa mempertemukan pelelang dan pelanggan. Jika terjadi transaksi atau pembelian barang lelangan, maka kita bisa mendapatkan fee.

Bisnis Informasi dan Pengetahuan

Informasi dan pengetahuan adalah suatu hal bisa dijadikan suatu bisnis. Dimana kita bisa membuat suatu website atau media online yang berisi informasi dan pengetahuan yang banyak dicari pengguna internet. Dengan banyaknya pengguna internet yang mengunjungi website kita, maka kita bisa memasang iklan disana. Dari iklan inilah kita bisa mendapatkan penghasilan.

Baca Juga : Promosi Gratis Di Penadiksi!

Agensi dan Service Online

Agensy online yang dimaksud ini adalah situs penjualan yang menjualkan produk - produk perusahaan lain. Seperti contoh, kita bisa membuat situs atau website wisata sambil kita membantu menjualkan tiket suatu perusahaan penerbangan dan lain sebagainya. Adapun service online disini adalah suatu bisnis menjualkan jasa secara online. Seperti contoh, jasa desain produk, jasa pembuatan website dan lain sebagainya.

Periklanan Online

Sistem kerja bisnis ini adalah kita mengiklankan produk suatu perusahaan. Seperti affiliasi dan review produk.

Diberdayakan oleh Blogger.
close