Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Buka Jendela Duniamu : Tips Membiasakan Membaca - Minpena

Buku adalah jendela dunia, kamu pasti sudah tidak asing dengan peribahasa tersebut. Kita bisa menemukan banyak hal dari buku. Mulai dari kisah fiksi, ilmu pengetahuan, hingga sejarah.

Tapi, seperti yang kita ketahui, bahwa pada masa sekarang buku bukan lagi menjadi pilihan utama untuk mencari informasi. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan IPTEK, peran buku ikut tergeser. Masyarakat lebih sering membuka situs-situs dan social media untuk mendapat informasi. Selain lebih praktis, situs-situs online juga menyajikan informasi yang lebih beragam dan menarik. Namun, kemajuan IPTEK ini juga membawa dampak positif dan negatif sendiri.

Meski begitu, bukan berarti para pecinta buku sudah punah. Masih banyak masyarakat yang setia dengan buku-buku tebal dan kesunyian perpustakaan. Seringnya Minpena mendapat pertanyaan, bagaimana sih cara agar gemar membaca? Bagaimana sih membiasakan diri membaca dan tidak bosan melakukannya?

Sebenernya jawabannya sangat simpel, yaitu buka bukumu kemudian bacalah. Kamu tidak pernah diminta untuk membuka gadget, membaca status orang lain dan mengomentarinya, seharusnya membuka buku yang notabene merupakan sumber informasi yang bermanfaat, bukanlah satu hal yang sulit bukan?

Baca Juga : Rekomendasi Buku - Buku Tema Bebas (Edisi Bulan Juli)

Meski begitu, Minpena akan membagikan tips agar betah, nyaman, dan akhirnya terbiasa membaca buku untuk kalian para remaja yang terjebak dalam dunia teknologi. Apa saja sih?

1. Membaca itu penting

Pemikiran ini perlu ditanamkan sejak dini. Tubuh manusia sudah tersistem untuk dapat membedakan hal yang benar dan salah. Dengan menyadarkan diri bahwa membaca buku adalah sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat, maka dengan sendirinya tubuh akan haus akan membaca dan haus akan informasi.

Dengan menanamkan pentingnya membaca buku, maka seiring berjalannya waktu membaca bukan lagi menjadi sebuah kebiasaan untuk mengisi waktu luang tetapi juga sebuah kebutuhan untuk mengisi pikiran dengan hal-hal yang bermanfaat.

2. Pilih Buku yang Kamu Sukai.

Buku tidak hanya menyajikan informasi umum, berita, atau pengetahuan saja. Banyak buku yang menyajikan sebuah cerita mulai dari kisah fiksi hingga sejarah. Gendrenya-pun beragam, mulai dari romance, fantasi, sampai horor.

Kamu hanya perlu memilih, buku dan gendre seperti apa yang kamu suka. Apakah pengetahuan umum, cerita fiksi, komik, atau kisah sejarah? Buatlah dirimu senyaman mungkin, nikmati setiap kalimat yang kamu baca dan selami makna yang penulis berikan dalam tiap bagiannya.

Baca Juga : Rekomendasi Buku Islami, Inspirasi dan Islami Lainnya

3. Baca Buku Secara Bertahap

Untuk pembaca pemula yang ingin membiasakan diri membaca buku, kamu boleh menerapkan metode ini. Bacalah buku secara bertahap. Tidak perlu banyak, apalagi langsung selesai.

Kamu bisa memulai dari satu kalimat. Tentu itu terlalu sedikit ya. Mulailah dengan satu lembar, kamu akan merasa penasaran dengan kelanjutan bacaanmu dan refleks membuka lembar selanjutnya. Tingkatkan kuantitas membacamu dari hari ke hari. Misalnya hari pertama kamu membaca 1 lembar. Kamu dapat menambahnya di esok hari dengan 2 lembar buku, dan seterusnya. Tidak usah memaksakan diri. Ingat, buatlah dirimu senyaman mungkin.

4. Buat Jadwal dan Target

Untuk menambah motivasi dalam membaca, kamu dapat menyiapkan jadwal khusus. Usahakan meluangkan waktu 10-15 menit setiap hari untuk membaca. Kamu juga bisa membuat target, kira-kira kapan kamu ingin menyelesaikan buku tersebut. Jangan membuat target yang terlalu berat.

Jika kamu masih kesulitan membiasakan diri, coba buat target 1 tahun minimal 1 buku. Jika sudah terbiasa kamu dapat mempersempit waktunya menjadi 1 buku dalam 1 bulan.

Baca Juga : Rekomendasi Buku Islami, Inspirasi dan Islami Lainnya (Part 2)

5. Jauhkan Gadget Ketika Membaca

Untuk para pecandu gadget atau social media poin ini sangat penting. Bukan hanya dalam kegiatan membaca, tapi sebenarnya hal ini juga perlu diterapkan ketika kamu sedang berdiskusi, mendengarkan cerita teman, atau ketika belajar.

Jika gadget masih ada dalam jangkauanmu dapat dipastikan bahwa kamu tidak akan pernah fokus. Meski tidak ada notifikasi yang muncul, tapi rasa ingin membuka posel pasti akan selalu ada. Mulai dari alasan ingin membuat status, kemudian terjebak dalam dunia sendiri yang berakhir dengan kegiatan membaca yang akan tertunda bahkan terhenti.

6. Biasakan Membawa Buku Saat Pergi

Kamu dapat membuka bukumu ketika menunggu, biasakan hal ini dan kesampingkan gadget terlebih dahulu.

Diatas telah Minpena sebutkan tips untuk membiasakan diri membaca. Pada dasarnya kebiasaan membaca ini harus dimulai dari hati, yaitu dengan menanamkan rasa cinta pada buku. Rasa cinta ini seharusnya mulai ditanamkan sejak usia dini.

Baca Juga : Rekomendasi Buku Inspirasi, Bisnis, Parenting, Psikologi dan Pengembangan Diri Umum

Para orang tua dapat mencontohkan kegiatan literasi dirumah, dan memperkenalkan buku kepada anak sejak dini. Rasa cinta yang tertanam ini akan membuat hasrat membaca semakin kuat tanpa perlu dipaksa oleh orang lain atau keadaan.

Lalu, apa tips untuk kebiasaan membaca dari kamu? Yuk jawab di kolom komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.
close