Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Penelitian, Pengetahuan Ilmiah dan Metode Ilmiah

Pengertian Penelitian

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia V (KBBI) penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip - prinsip umum. Selain itu penelitian adalah suatu kegiatan untuk memperoleh suatu fakta atau prinsip dari suatu pengetahuan dengan cara mengumpulkan, mencatat dan menganalisa data yang dilakukan secara sistematis berdasarkan metode ilmiah untuk menghasilkan pengetahuan baru. Adapun menurut para ahli penelitian adalah sebagai berikut :

1. Penelitian Menurut Hillway

Dalam buku Introduction to Research, Hillway mengemukakan penelitian adalah tidak lain dari suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati - hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap permasalahan tersebut.

2. Penelitian Menurut Fellin, Tripodi, dan Meyer

Penelitian adalah suatu cara sistematik untuk maksud meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan pengetahuan yang dapat di sampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverifikasi) oleh oleh peneliti lain.

3. Penelitian Menurut Sutrisno Hadi

Penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

4. Penelitian Menurut Clifford Woody

Penelitian adalah suatu pencarian yang didasarkan dengan teliti untuk memperoleh kenyataan - kenyataan atau fakta atau hukum - hukum baru.

Baca Juga : Pengertian dan Objek Penelitian Agama

5. Penelitian Menurut Parson

Penelitian adalah pencarian atas sesuatu (inquiry) secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah - masalah yang dapat dipecahkan.

6. Penelitian Menurut John

Penelitian adalah suatu pencarian fakta menurut metode objektivitas yang jelas untuk menemukan hubungan antar fakta dan menghasilkan dalil atau hukum.

7. Penelitian Menurut Dewey

Penelitian adalah transformasi yang terkendalikan atau terarah dari situasi yang dikenal dalam kenyataan - kenyataan yang ada padanya dan hubungannya.

8. Penelitian Menurut Soerjono Soekanto

Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang didasari dengan analisis serta konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologi serta konsisten yang mana tujuannya untuk mengungkapkan suatu kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia agar dapat mengetahui apa yang sedang dihadapinya.

9. Penelitian Menurut Sugiyono

Penelitian adalah salah satu cara ilmiah guna memperoleh data yang tujuannya dan kegunaan tertentu.

10. Penelitian Menurut Sanapiah Faisal

Penelitian adalah salah satu aktivitas guna menelaah suatu problema dengan menggunakan metode ilmiah secara tertata serta sistematis agar dapat menemukan pengetahuan baru yang bisa diandalkan kebenarannya mengenai dunia alam dan sosial.

Baca Juga : Ilmu Pengetahuan dan Ukuran Kebenaran

Dalam Koentjaraningrat (1993) dijelaskan bahwa penelitian adalah segala aktivitas berdasarkan disiplin untuk mengumpulkan, mengkelaskan, menganalisa dan menafsirkan fakta - fakta, hubungan antara fakta - fakta alam, masyarakat, kelakuan dan rohani manusia guna menemukan prinsip - prinsip pengetahuan dan metode - metode baru dalam usaha menanggapi hal - hal tersebut.

Dari semua penjelasan diatas, dapat disimpulkan pengertian penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan menghasilkan pengetahuan baru. Yang dimaksud cara ilmiah disini adalah kegiatan penelitian tersebut harus didasarkan pada tiga hal, yakni rasional, empiris dan sistematis. Rasional, dimana kegiatan penelitian tersebut dilakukan dengan cara yang masuk akal dan terjangkau oleh nalar. Empiris, dimana kegiatan penelitian tersebut dilakukan dengan cara yang dapat diamati sehingga orang lain juga bisa melakukan dengan cara yang sama. Dan sistematis, dimana dalam proses penelitiannya menggunakan langkah - langkah yang berurutan, berkaitan dan bersifat logis.

Pengertian Pengetahuan Ilmiah/Ilmu

Pengetahuan ilmiah atau ilmu (science) adalah usaha untuk mengorganisasikan dan mensistematisasikan common sense, pengetahuan sehari - hari, pemikiran cermat, dan seksama dengan menggunakan berbagai metode. Ilmu adalah suatu metode berpikir secara objektif yang memiliki tujuan untuk memberi makna dan gambaran terhadap gejala dan fakta melalui observasi, eksperimen dan klasifikasi.

Dalam Encyclopedia Americana, ilmu adalah pengetahuan yang bersifat positif dan sistematis. Paul Freedman dalam The Principles of Scientific Research mendefinisikan ilmu sebagai bentuk aktivitas manusia yang dengan melakukannya umat manusia memperoleh suatu pengetahuan dan senantiasa lebih lengkap dan cermat tentang alam dimasa lampau, sekarang dan kemudian hari, serta suatu kemampuan yang meningkat untuk menyesuaikan dirinya dan mengubah lingkungannya serta mengubah sifat - sifatnya sendiri. Adapun S. Hornby mendefiniskan ilmu adalah susunan atau kumpulan pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian dan percobaan dari fakta - fakta.

Ciri - Ciri Ilmu Pengetahuan

Menurut The Liang Gie, ciri - ciri ilmu pengetahuan adalah :

1. Rasional/Empiris, artinya pengetahuan diperoleh berdasarkan penalaran, pengamatan, dan percobaan.

2. Sistematis, artinya keterangan dan data - data yang tersusun sebagai kumpulan pengetahuan itu mempunyai hubungan yang tertib dan teratur.

3. Metodis, artinya diperoleh melalui serangkaian prosedur atau langkah - langkah.

4. Objektif, artinya ilmu pengetahuan itu bebas dari prasangka perseorangan dan kesukaan pribadi.

5. Analitis, artinya pengetahuan ilmiah berusaha membeda - bedakan pokok soalnya dan peranan dari bagian - bagian itu.

6. verifikatif, artinya dapat diperiksa kebenarannya oleh siapapun.

Baca Juga : Apa itu Proposal Penelitian?

Fungsi Ilmu Pengetahuan dan Cara Kerja Ilmu

Fungsi ilmu pengetahuan adalah :

1. Untuk menggambarkan, menerangkan dan menjelaskan gejala alam dan sosial.

2. Untuk memahami atau mengungkapkan makna atau hakikat gejala alam dan sosial.

3. Untuk memprediksi kejadian dimasa yang akan datang.

4. Untuk mengendalikan gejala alam dan sosial.

Pengertian Metode Ilmiah

Metode Ilmiah adalah mekanisme mendapatkan pengetahuan dengan prosedur. Selain pengertian tersebut, metode ilmiah adalah suatu cara yang bersifat sistematis yang digunakan oleh ilmuan atau peneliti dalam memecahkan atau mencari jawaban dari suatu masalah - masalah yang dihadapi dalam suatu penelitian. Metode ilmiah ini bisa dimulai dengan melakukan observasi terhadap suatu fenomena, mengidentifikasi masalah berdasarkan observasi, menyusun hipotesis, melakukan penelitian untuk menguji hipotesis dan menarik kesimpulan.

Sifat dan Pola Pikir dalam Metode Ilmiah

Sifat - sifat metode ilmiah adalah

1. Efisien dalam penggunaan sumber daya.

2. Dapat digunakan oleh siapa saja (terbuka).

3. Prosedurnya logis dalam memperoleh keputusan (teruji).

Pola Pikir dalam Metode Ilmiah

1. Induktif, yaitu pengambilan kesimpulan dari kasus yang bersifat khusus menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Contoh, Rusa akan mati (khusus), sapi akan mati (khusus), kesimpulan semua hewan akan mati (umum).

2. Deduktif, yaitu pengambilan kesimpulan dari kasus yang bersifat umum menjadi kasus yang bersifat khusus. Contoh, Semua hewan akan mati (umum), sapi adalah hewan (khusus), sapi akan mati (khusus).

Baca Juga : Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian

Tahap - Tahap dalam Metode Ilmiah

Tahapan dalam metode ilmiah bersifat sistematis, beberapa tahap dalam metode ilmiah sebagai berikut :

1. Ada atau terdapat kebutuhan yang objektif.

2. Perumusan masalah (masalah adalah sesuatu yang harus dipecahkan).

3. Pengumpulan teori.

4. Menyusun hipotesis (hipotesis adalah jawaban sementara berdasarkan teori atau informasi yang diperoleh).

5. Pengumpulan data/informasi/fakta.

6. Proses menganalisa data.

7. Penarikan kesimpulan.

Diberdayakan oleh Blogger.
close