Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Pengertian dan Objek Penelitian Agama

 

Anak sedang berdoa

Pengertian Penelitian Agama

Penelitian agama adalah penelitian ilmiah tentang ajaran agama dan keberagamaan. Sedangkan ajaran agama adalah teks maupun lisan yang dianggap suci dalam suatu agama adapun keberagamaan adalah prilaku yang muncul sebagai perwujudan dari pengamalan suatu ajaran agama. Tujuan dari penelitian agama adalah untuk mencari kebenaran suatu ajaran agama, guna menemukan ajaran agama yang dianggap paling benar.

Objek Penelitian Agama

Objek penelitian agama terbagi menjadi dua, ajaran agama dan keberagamaan. Dalam ajaran agama terdiri dari doktrin teologis, norma dan etika yang harus dipahami dan diyakini penganut ajaran agama. Dan dalam keberagamaan terdiri dari fenomena sosial baik struktur, pranata dan prilaku sosial. 

Objek Kajian dan Metode Penelitian Ilmu - Ilmu Agama

Beberapa contoh objek kajian dalam ilmu - ilmu agama dan metode penelitiannya;

- Doktrin dan pemikiran agama dapat digunakan metode heurmenetik, filologi, kritik teks, filsafat, sejarah.

- Struktur dan dinamika masyarakat dibentuk oleh agama dapat digunakan metode sosiologi, antropologi, sejarah, ilmu sosial lainnya.

- Sikap masyarakat pemeluk agama terhadap doktrin agamanya dapat digunakan metode ilmu sosial kualitatif, ilmu sosial kuantitatif, atau gabungan keduanya. (sumber : Taufik Abdullah dan A. Rusli Karim, Metodologi Penelitian Agama, Yogyakarta, Tiara Wacana, 1991).

Baca Juga : Inkisyariyah (Jeniseri) Pasukan Legendaris Kesultanan Utsmaniyah

Diberdayakan oleh Blogger.
close