Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian

Apa itu data

Pengertian Pengumpulan Data

Data adalah informasi yang dikumpulkan dalam sebuah catatan dari sebuah fakta. Data juga bisa diartikan sebagai catatan yang dikumpulkan dari fakta - fakta. Fakta adalah pernyataan yang sesuai dengan kejadian. Adapun pernyataan adalah hasil pengukuran suatu variabel yang bentuknya bisa berupa kata - kata, angka atau citra (penggambaran/personifikasi). Pengumpulan data adalah proses mengumpulkan informasi - informasi yang sudah tercatat tentang sebuah fakta. 

Sumber Data

Sumber data adalah subjek atau objek darimana suatu data diperoleh. Jika data tersebut dikumpulkan melalui wawancara maka sumber data tersebut adalah responden (yang merespon atau narasumber). Jika data tersebut di peroleh melalui observasi maka sumber datanya adalah orang, benda atau proses tertentu. Dan jika data tersebut dikumpulkan melalui dokumentasi maka sumber datanya adalah dokumen yang akan diteliti. Sumber data menurut Arikunto terbagi menjadi 3 P, yaitu person, place dan paper.

1. Person (orang)

Person adalah sumber data berupa orang. Dimana sumber data ini bisa memberikan data melalui lisan dengan wawancara dan tulisan dengan angket. 

2. Place

Place adalah sumber data berupa tempat. Dimana sumber data ini menyajikan tampilan berupa diam dan bergerak. Contohnya, ruangan kelengkapan, wujud benda, kegiatan belajar mengajar dan lain sebagainya.

3. Paper

Paper adalah sumber data berupa simbol. Yaitu sumber data yang menyajikan tanda - tanda berupa huruf, angka, gambar, atau simbol - simbol lain. Lebih mudahnya bisa disebut dengan metode dokumentasi. 

Baca Juga : Pengertian dan Objek Penelitian Agama

Teknik Pengumpulan Data

1. Wawancara

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab secara lisan untuk memperoleh informasi atau data. Wawancara bisa dilakukan perorangan atau kelompok yang proses pencatatan atau perekaman selama berlangsungnya wawancara.

2. Angket

Angket adalah cara atau teknik pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan secara tertulis yang dijawab tertulis pula oleh responden. Angket merupakan kumpulan pertanyaan yang tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi yang diinginkan.

3. Observasi

Observasi adalah teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung. Teknik ini memerlukan pengamatan yang cermat dalam prosesnya.

4. Studi Dokumenter

Studi dokumenter adalah teknik pengumpulan data dengan cara menghimpun suatu dokumen dan menganalisisnya. Dokumen yang dikumpulkan haruslah berdasarkan tujuan dan fokus penelitian.

5. Tes/Eksperimen

Tes adalah teknik pengumpulan data dengan meminta responden untuk mempraktekkan sesuatu yang sesuai dengan data yang diharapkan oleh peneliti. 

6. Sosiometri

Sosiometri adalah teknik pengumpulan data dengan mengajukan kepada responden untuk menuliskan satu diantara nama - nama yang berpengaruh atau yang dianggap sebagai seorang pemimpin.

Baca Juga : Vaksin Pertama Di Dunia | Edward Jenner Penemu Vaksin Cacar

Diberdayakan oleh Blogger.
close