Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Apa itu Proposal Penelitian?

Pengertian Proposal Penelitian

Proposal adalah suatu rencana kerja yang tertulis, yang memuat pernyataan maksud. Dalam KBBI V, proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Sebagai contoh pada kalimat, proposal itu belum disetujui oleh pemimpin proyek. Maksudnya, suatu rencana kerja dalam bentuk rancangan yang sifatnya tertulis dalam sebuah proyek tersebut belum disetujui oleh pemimpin proyeknya. Menurut para ahli tentang pengertian proposal diantaranya :

1. Menurut Rieefky, Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.

2. Menurut Hasnun Anwar, proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.

3. Menurut Jay, proposal adalah alat bantu manajemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.

4. Menurut Hadi, proposal adalah suatu usulan terstruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.

5. Menurut Keraf, proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.

Secara umum yang dimaksud dengan penelitian adalah proses pengumpulan data dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai maksud atau tujuan tertentu. Dalam KBBI V, dijelaskan yang dimaksud penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip - prinsip umum. 

Jadi, yang dimaksud dengan proposal penelitian adalah suatu dokumen yang ditulis peneliti secara rinci tentang suatu proyek penelitian yang ia usulkan untuk dilakukan. Menurut Sugiyono, proposal penelitian adalah pedoman yang berisikan berbagai kegiatan serta langkah - langkah sistematis yang akan diikuti oleh seorang peneliti dalam melaksanakan suatu penelitian (Sugiyono, 2013). Selain itu, ahli lain seperti Profesor Robertus Wahyudi Triweko, Ph. D mendefinisikan proposal penelitian sebagai suatu bentuk dokumen rencana kerja yang terdiri atas semua unsur - unsur pokok dalam suatu proses meneliti dan harus berisikan informasi yang cukup bagi si pembaca untuk mengevaluasi kegiatan yang dilakukan.

Baca Juga : Pengertian dan Objek Penelitian Agama

Fungsi Proposal Penelitian

Terdapat banyak fungsi dari proposal penelitian, diantaranya :

1. Memberikan informasi tentang apa masalah yang akan diteleti dan manfaat daripada masalah yang akan diteliti, baik kepada sponsor/pembimbing.

2. Memberikan informasi mengenai penelitian - penelitian terdaulu yang relevan untuk memberikan justifikasi, kenapa penelitian yang akan kita lakukan ini penting.

3. Berisi saran bagaimana informasi yang diperlukan untuk memecahkan masalah (problem solving).

4. Menjadi peta perjalanan (pedoman) yang akan ditempuh oleh peneliti mencapai tujuan.

5. Menjadi penilaian layak atau tidaknya penelitian dilakukan oleh pengusul.

Baca Juga : Pengumpulan Data dalam Metodologi Penelitian

Tujuan Proposal Penelitian

Tujuan proposal penelitian adalah untuk mendapatkan persetujuan dari suatu pihak atau badan yang memiliki kapasitas untuk menyetujui suatu penelitian tersebut. Proposal penelitian memberikan data dan informasi yang menjelaskan kepada pihak yang memiliki kapasitas tentang suatu penelitian yang akan dilakukan dan penting serta manfaat adanya penelitian tersebut. Sehingga dengan proposal penelitian diharapkan pihak yang memiliki kapasitas tersebut dapat memenuhi segala macam kebutuhan penelitian seperti perizinan, tempat, literatur, alat dan bahan, sampai bantuan dana jika diperlukan.

Macam - Macam Proposal Penelitian

Proposal penelitian terbagi menjadi 4 macam, yaitu proposal penelitian pengembangan, proposal penelitian kajian pustaka, proposal penelitian kualitatif dan proposal penelitian kuantitatif.

1. Proposal Penelitian Pengembangan

Proposal penelitian pengembangan adalah proposal yang digunakan untuk memecahkan masalah - masalah yang bersifat aktual. Dalam penelitian pengembangan ini lebih menekankan kepada pemanfaatan teori - teori, konsep - konsep, prinsip - prinsip atau temuan - temuan penelitian yang telah ada.

2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka

Proposal penelitian kajian pustaka adalah proposal yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang berfokus pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan - bahan pustaka. Hal ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan data - data atau informasi - informasi kemudian disajikan dengan pembaharuan sesuai dengan kerperluan penelitian.

3. Proposal Penelitian Kualitatif

Proposal penelitian kualitatif adalah proposal yang digunakan untuk mengungkapkan suatu gejala secara holistik - kontekstual. Sifat dari penelitian kualitatif adalah deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif.

4. Proposal Penelitian Kuantitatif

Proposal penelitian kuantitatif adalah proposal yang digunakan untuk mengungkap suatu gejala yang bersifat kuantitas atau angka.

Baca Juga : Vaksin Pertama Di Dunia | Edward Jenner Penemu Vaksin Cacar

Desain penelitian

Menurut Mc. Millan dalam Ibnu Hadjar (1999:102) desain penelitian adalah rencana dan struktur penyelidikan yang digunakan untuk memperoleh bukti - bukti empiris dalam menjawab pertanyaan penelitian. Desain penelitian adalah semua proses yang diperlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian. Desain penelitian terdiri dari jenis, sumber data, cara/metode pengumpulan, instrumen pengumpulan daya, pengolahan dan analisan dan kesimpulan.

Unsur - Unsur dalam Sebuah Proposal

Unsur - unsur yang mesti ada dalam sebuah proposal dibagi menjadi 3, yakni :

Unsur - Unsur dalam Sebuah Proposal Kuantitatif

1. Judul (harus menggambarkan suatu penelitian tersebut bersifat kuantitatif).

2. Masalah dan latarbelakangnya.

3. Identifikasi masalah (membangun masalah - masalah yang mungkin timbul dari topik penelitian).

4. Pembatasan masalah (Hasil identifikasi di pilih beberapa masalah saja, hal itu disebut pembatasan masalah).

5. Perumusan masalah (Deskriptif, komparatif, korelasi dan kausal).

6. Tujuan dan manfaat penelitian.

7. Landasan teori, kerangka berpikir dan hipotesis.

8. Definisi Operasional, menurut Sugiyono definisi operasional adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari objek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang telah ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

9. Desain/Rancangan Penelitian : Sumber data, metode pengumpulan data, variabel dan analisa data.

10. Organisasi peneliti (jika ada).

11. Anggaran penelitian (jika dibuat untuk mendapatkan sumber dana).

12. Jadwal Penelitian.

13. Daftar Pustaka.

Unsur - Unsur dalam Sebuah Proposal Kualitatif :

1. Judul (harus menggambarkan suatu penelitian tersebut bersifat kualitatif).

2. Masalah dan latarbelakangnya.

3. Batasan masalah (fokus penelitian).

4. Pertanyaan penelitian.

5. Tujuan dan manfaat penelitian.

6. Landasan teori, kerangka berpikir.

7. Definisi Operasional.

8. Desain/Rancangan Penelitian.

9. Organisasi peneliti (jika ada).

10. Anggaran penelitian (jika dibuat untuk mendapatkan sumber dana).

11. Jadwal Penelitian.

12. Daftar Pustaka.

Baca Juga : Agar Hidup Lebih Produktif (Pentingnya Manajemen dan Filsafat Manajemen)

Unsur - Unsur dalam Sebuah Proposal Literatur/Pustaka :

1. Judul (harus menggambarkan suatu penelitian tersebut bersifat literatur/pustaka).

2. Masalah dan latar belakangnya.

3. Masalah penelitian (batasan dan rumusan).

4. Tujuan dan manfaat penelitian.

5. Kajian teori atau landasan teori, adalah serangkaian definisi, konsep dan juga perspektif tentang sebuah hal yang tersusun secara rapih. Menurut Labovitz dan Hagedorn mereka berpendapat bahwa kajian teori adalah sebuah ide yang bersifat teoritis guna menentukan alasan mengapa variabel dalam sebuah penelitian bisa saling berhubungan dengan pernyataan.

6. Definisi Istilah atau penjelasan istilah, adalah penjelasan makna dari masing – masing kata kunci yang terdapat pada judul dan fokus penelitian.

7. Metode penelitian.

8. Sistemika pembahasan.

9. Organisasi penelitian (jika ada).

10. Anggaran (jika diperlukan).

11. Daftar rujukan.

Diberdayakan oleh Blogger.
close