Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf๐Ÿ™*

Puasa Ramadhan dan Sabar ( Materi Khutbah Jum'at )

 

 Sumber gambar : freepik.com

 

     Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah yang maha besar. Shalawat dan salam panjang lebar, tercurahkan kepada nabi yang memiliki sifat shiddiq dan benar. Muhammad Saw. bagaikan bulan purnama pemilik cahaya yang sangat bersinar. Keluarga dan para sahabat yang diwarisi sifat tabah, tawakal dan sabar.

    Diatas mimbar, khutbah jum'at sebagai bahan pengantar. Khatib berwasiat, marilah kita tingkatkan kualitas iman dan takwa dengan mendirikan shalat, menjalankan puasa ramadhan dan berprilaku sabar. Firman Allah Swt. ayat ke-10 Surat Az - Zumar :

ุฅِู†َّู…َุง ูŠُูˆَูَّู‰ ุงู„ุตَّุงุจِุฑُูˆู†َ ุฃَุฌْุฑَู‡ُู…ْ ุจِุบَูŠْุฑِ ุญِุณَุงุจٍ

   Sesungguhnya yang dicukupkan pahala dengan tanpa batas, hanyalah mereka orang - orang yang bersabar.

    Sekarang kita kaitkan ayat ini dengan puasa ramadhan supaya terjajar. Bulan ramadhan suka disebut bulan sabar. Karena dengan puasa, kita akan bisa menahan diri dan bersabar. Dari rasa dahaga dan lapar. Bersabar dengan menjauhi diri dari makan dan minum yang termasuk melanggar. Menghadapi dosa dan maksiat, dengan iman di hati, takwa didalam jiwa tetap kuat dan tegar.

    Sungguh pahala puasa itu sangat besar. Karenanya berkaitan dengan sabar, bahkan sabar yang paling super nomor satu posisi derajatnya sampai 900 menurut keterangan yang mu'tabar. Melebihi sabar dalam rangka menjalankan ta'at dan sabar ketika ditimpa musibah kecil atau besar. Saking besarnya pahala puasa sehingga ada hadis nabi, yang diriwayatkan Imam At - Tirmidzi, beliau memberi khabar : 

  ุงู„ุตูˆู… ู†ุตู ุงู„ุตุจّุฑ

   Puasa adalah separuh dari sabar. 

    Hadirin kaum muslimin dengan rahmat Allah senantiasa kita memiliki sifat sabar. Beprilaku sabar, pahalanya itu sangat besar.  Karena risikonya cukup sangat besar. Contohnya yang sudah biasa dan ilahar. Marah dan sombong tidak menerima kenyataan sampai - sampai bertengkar. Tapi kita masih bisa mengendalikan diri dengan bersabar. Seumpamanya kita dihina dicaci maki kita hadapi dengan sabar. Tidak seperti api menghadapi bensin langsung menyambar. Maka buah pahalanya 900 derajat begitu luar biasa sangat besar. 

    Dengan contoh ini kita bisa belajar sabar. Dengan berpuasa menahan diri dari rasa dahaga dan lapar. Kita belajar dengan menjauhi perbuatan - perbuatan yang termasuk melanggar. Karena kita semua harus sadar, pahala berbuat sabar, apalagi didalam puasa itu sangat besar.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู… ... ูˆุงู„ู„ู‡ ุงูƒุจุฑ... 


ุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ู„ูŠ ูˆู„ูƒู… ููŠ ุงู„ู‚ุฑุงู†  ุงู„ุนุธูŠู… ูˆู†ูุนู†ูŠ ูˆ ุงูŠّุงูƒู… ุจู…ุง ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ุงูŠุงุช ูˆุงู„ุฐูƒุฑ ุงู„ุญูƒูŠู…  

..ูˆุชู‚ุจّู„ ู…ู†ูŠ ูˆ ู…ู†ูƒู…  ุชู„ุงูˆุชู‡ ุงู†ّู‡ ู‡ูˆ ุงู„ุณู…ูŠุน ุงู„ุนู„ูŠู…

ุงู‚ูˆู„ ู‚ูˆู„ูŠ ู‡ุฐุง ูˆุงุณุชุบูุฑ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุนุธูŠู… ู„ูŠ ูˆู„ูƒู… ูˆู„ุณุงุฆุฑ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ูˆุงู„ู…ุคู…ู†ุงุช ูˆุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†  ูˆุงู„ู…ุณู„ู…ุงุช ูุงุณุชุบูุฑูˆู‡ ุงู†ّู‡ ู‡ูˆ ุงู„ุบููˆุฑ ุงู„ุฑุญูŠู…

 

Materi Khutbah Lainnya :

 - Sikap Takabur

- Akhlak Nabi Saw. Terhadap Anak Kecil  

- Setan Sang Penyesat 

- Sikap Tawadhu

Diberdayakan oleh Blogger.
close