Selamat Datang di penadiksi.com

Sikap Tawadhu (Materi Khutbah Jum'at)

                                                                        Sumber : Freepik.com

 

    Terkumandang kalimat thayyibah, dengan membaca hamdalah, puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah khaliq yang maha pemurah. Kalimat yang sangat bermanfaat, banyak hikmah dan banyak karomah. Shalawat dan salam senantiasa tercurah, kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw. sebagai uswatun hasanah.

    Tidak lupa, tidak terlewat kepada keluarga dan para sahabat, begitu senantiasa tercurah dan terarah. Khatib wasiat mohon maaf ada kata bernadakan perintah,

اتّقوا الله - اتّقوا الله - اتّقواالله 

    Takwalah kepada Allah, takwalah kepada Allah dan takwalah kepada Allah. Arti takwa ialah menuruti perintah, menjauhi apa yang di cegah. Termasuk tawadhu dan diri merendah. Firman Allah Swt. surat Asy - Syuara ayat ke 215.

وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

    Lughah secara terjemah, dan berendah dirilah kamu terhadap orang - orang yang mengikutimu dari orang - orang mu'minin.

    Hadirin kaum muslimin rahimakumullah. Berkata tentang rendah diri, kata tawadhu pun ikut menjadi bahasa dan istilah. Kata tawadhu tidak akan sedikit arti, tapi mungkin banyak sekali terjemah. Ibnu Atha' dalam kitab Dalilul Falihin halaman 50 juz ke 3 bab tawadhu memberikan istilah. 

التواضع قبول الحق من كل من قاله

    Tawadhu itu menerima kebenaran dari siapapun yang membicarakannya. Di halaman 53 jajaran ke 15, Imam Hasan pun memberikan istilah,

التواضع ان تخرخ من بيتك فلا تلقى مسلما الاّ رأية له عليك فضلا

    Ketika kamu keluar dari rumah, lalu tidak bertemu dengan muslim lain siapa saja, kecuali kamu memandang mereka itu lebih memiliki fadhlah dan anugrah, mungkin kamu belum memilikinya. Wallahu'alam. 

Baca Juga :  Setan Sang Penyesat (Materi Khutbah Jum'at)

    Sekian khutbah, senantiasa menjadikan mauidhah. Kita bisa memenuhi perintah Allah maha pemurah. Adapun memiliki jiwa rendah diri, rendah hati, tawadhu tidak sombong dianggap gagah. 

بارك الله لي ولكم في القران  العظيم ونفعني و ايّاكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم  

..وتقبّل مني و منكم  تلاوته انّه هو السميع العليم

اقول قولي هذا واستغفر الله العظيم لي ولكم ولسائر المؤمنين والمؤمنات والمسلمين  والمسلمات فاستغفروه انّه هو الغفور الرحيم

 

Khutbah Jum'at Lainnya :

Diberdayakan oleh Blogger.