Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Hudzaifah bin Al- Yamani Sang Pemegang Rahasia Rasul Saw.

Madinah

Nasab

    Hudzaifah bin al-Yaman al- Absi. Ia lahir di Madinah, dari seorang ayah bernama Husail bin Jabir al-Absi al-Yamani, turunan bani Absi yang berasal dari Mekkah. Sedangkan ibunya berasal dari Madinah dari Bani Abdil Asyhal. Nama julukan beliau adalah Abu Abdillah. Hudzaifah adalah orang kepercayaan rasulullah, sehingga dijuluki juga pemegang rahasia rasul.

Sekilas Tentang

    Hudzaifah tergolong sahabat besar, ia dipercaya oleh nabi Saw. Hampir dalam setiap perang bersama nabi ia selalu hadir. Kecuali perang Badar, karena ia dan ayahnya ditangkap oleh suku Quraisy. Ia juga menyaksikan perang khandaq.  Dimana ia dipercaya rasul untuk menyelinap dan menyelidiki kekuatan musuh saat penyerangan kota Madinah tersebut.

Guru dan Murid

    Karena Hudzaifah adalah sahabat besar, ia banyak sekali meriwayatkan hadis dari Nabi Saw. dan keshahihannya diterima. Selain itu ia juga meriwayatkan hadis dari Umar.  Adapun yang meriwayatkan darinya seperti, Jabir, Jundab, Abdullah bin Yazid, Abu Thufail. Dan dari kalangan tabi’in, ada Bilal (anaknya), Ibnu Hirasy, Zaid bin Wahb, Jirr bin Hubaisy, Abu Wa’il dan selainnya.

Wafat

    Hudzaifah wafat antara tahun 34 dan 35 Hijrah, tepat 40 hari pasca tragedi terbunuhnya Utsman bin Affan, sebagaimana yang tercatat oleh Ibnu Atsir.

Lainnya👉

Diberdayakan oleh Blogger.
close