Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Al - Arqam bin Abi Al – Arqam (Yang Ke-7 Memeluk Islam)

Nasab

    Nama lengkapnya, al-Arqam bin Abi al-Arqam atau Abdi Manaf bin Asad bin Abdullah bin Umar bin Makhzum. Kunyah-nya Abu Abdullah.  Ibunya bernama Umaimah bin Abdul Harits al-Khazaiyah.  Al – Arqam termasuk kedalam as – Sabiqunal Awwalun. Beliau adalah sahabat ketujuh yang memeluk islam.

Guru dan Murid

    Sebagaimana yang kita ketahui, bahwasanya sahabat Arqam adalah as – Sabiqunal Awwalun. Sehingga guru beliau adalah nabi secara langsung. Jalur periwayatannya diterima dan shahih. Murid atau yang mengambil riwayat dari beliau adalah Usman bin al- Arqam dan Utsman bin Abdillah. Yang merupakan anak dan keponakannya.

Wafatnya

    Dari riwayat Utsman bin al – Arqam, beliau mengatakan bahwa al – Arqam meninggal pada tahun 53 hijriyah. Pada umur 83 tahun. Dan di shalatkan oleh Sa’ad. Adapun riwayat lain dari Abu Nuaim dan Abdul Bar meriwayatkan bahwa al – Arqam wafat pada hari saat Abu Bakar as – Shiddiq wafat. Namun riwayat ini sanadnya munqathi.

Artikel Lainnya👉

Diberdayakan oleh Blogger.
close