Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Literasi Baca Tulis - Uli Nasifa

Sumber gambar : https://pixabay.com/illustrations/back-to-school-abc-school-enrollment-2629361/

Literasi Baca Tulis

Hay sobat penulis! Beydewey, masih ada enggak yah yang belom kenal apa itu Literasi baca tulis? Untuk mengenal lebih jauh, yuk baca penjelasan berikut :

Literasi baca tulis adalah literasi yang berkaitan dengan kecakapan dalam memahami isi teks tertulis. Kecakapan tersebut tentunya mampu menangkap pesan atau informasi secara tersirat ataupun tersurat. 

Pengen tau enggak tujuannya untuk apa? Tujuannya tentu saja untuk mengembangkan potensi diri. Pada perkembangannya, literasi baca tulis tidak hanya berpaku pada kegiatan membaca dan menulis saja, melainkan juga dapat diterjemahkan sebagai bentuk komunikasi pada masyarakat.

Selain memahami informasi yang ada pada teks, literasi baca tulis juga berperan dalam partisipasi kita di lingkungan sosial. Alasannya, kemampuan membaca dan menulis merupakan ilmu dasar atau pondasi sebelum mempelajari ilmu-ilmu lainnya. 

Setelah memahami pengertian nya, pastinya dong sobat penulis semua, pengen tau apa aja contoh-contoh nya. Berikut adalah 5 contoh kegiatan literasi yang bisa dilaksanakan sekolah di era digital : 

1. Diskusi hasil resensi buku

Menjadikan membaca adalah hal yang menyenangkan ada berbagai cara salah satunya adalah cara paksaan seperti Diskusi hasil resensi buku. Betul kenapa saya katakan ini paksaan? Karena memang guru memaksa siswa untuk membaca sebuah buku untuk nanti didiskusikan dengan teman atau sekelompok atau dengan teman sekelas. Disini guru dapat mendapatkan beberapa kesimpulan dari berbagai macam sudut pandang siswa yang akhirnya semua kesimpulannya bisa dibahas lagi di depan kelas.

2. Pojok Baca

Membuat pojok baca baik di kelas maupun di beberapa spot sekolah memang menjadi salah satu langkah baik untuk mengajarkan budaya literasi kepada siswa di sekolah. Bagaimana tidak, anak anak kadang suka malas untuk membaca, tapi ketika mereka diberikan sebuah fasilitas yang nyaman untuk membaca, buku yang ramah di otak seperti manga, light novel dan berbagai macam buku remaja, anak anak pasti akan suka. Maka jangan aneh, jika pojok baca menjadi salah satu fasilitas menarik untuk meningkatkan budaya literasi siswa di sekolah.

3. Pameran Buku

Demi meningkatkan budaya literasi sudah sepantasnya setiap sekolah untuk mengajak siswanya datang ke pameran buku, jika memang tidak bisa kenapa tidak membawa atau membuka pameran buku di sekolah? Ini lah salah satu fungsi Pustakawan dan Pustakawati atau seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan / atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan untuk bisa memaksimalkan kreativitasnya di sekolah. Yaitu bekerjasama dengan toko buku, penerbit atau bahkan membuka pameran buku di sekitar sekolah untuk memaksimalkan budaya literasi siswa.

4. Kunjungan ke penerbit buku terdekat

Setiap sekolah pasti memiliki jadwal untuk melaksanakan kunjungan atau studi banding bahkan berdarmawisata, jika biasanya sekolah selalu mendatangi wahana yang memang bisa digunakan untuk healing, kenapa tidak sesekali datang atau menjadwalkan untuk berkunjung ke penerbit buku terdekat? Selain siswa bisa belajar untuk mengetahui bagaimana buku dicetak hingga disebarluaskan, siswa juga bisa banyak belajar untuk mulai mencintai buku dan menyukai budaya membaca.

5. Kontes Membaca atau Menulis

Hal yang paling mudah dilaksanakan sekolah terutama sekolah swasta adalah mengadakan kontes membaca dan menulis bagi siswanya sebagai bahan untuk mengajarkan budaya literasi secara tidak langsung. Jangan lupa juga sertakan hadiah menarik bagi mereka yang berhasil menjadi juara. Sebagai apresiasi atas apa yang telah di di capainya. 

Setelah tahu beberapa contoh yang telah dijelaskan diatas, sobat penulis mau mengaplikasikan yang mana nih? Untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis nya? 

Sekian, semoga bermanfaat.

Referensi :

1. https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-literasi

2. https://almasoem.sch.id/5-contoh-kegiatan-literasi-yang-bisa-dilaksanakan-sekolah

Rekomendasi Buku Kepenulisan Terbitan Penadiksi :

Buku berani nulis

Rekomendasi Tulisan Lainnya di Penadiksi :

Diberdayakan oleh Blogger.
close