Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Novel Solusi Malas Membaca - Endra Wahyu

Novel solusi malas membaca

"Membaca adalah jembatan ilmu." Sebuah pepatah yang tidak asing kita dengar dan sering kita lihat terpampang ditembok - tembok perpustakaan dan instansi pendidikan.

Apa itu membaca? membaca ialah sebuah aktivitas yang di lakukan seseorang untuk mendapatkan informasi yang terkandung dalam sebuah tulisan. Membaca tak sekedar melihat tulisan tetapi menangkap apa maksud informasi yang disampaikan tulisan tersebut.

Membaca menurut sebagian orang adalah sesuatu kegiatan membosankan dan menjenuhkan.Menurut Survei Riset Central Connecticut State University (CCSU) tahun 2016 minat baca masyarakat indonesia sangatlah rendah yaitu berada diperingkat 60 dari 61 negara.Hal ini dipengaruhi banyak faktor salah satunya, bahwa literasi bacaan dianggap kurang menarik.

Akhir-akhir ini tren membaca mulai meningkatkan di kalangan anak muda. Novel salah satu bacaan yang terlaris dibaca oleh kalangan remaja.Novel adalah karya sastra berbentuk prosa yang panjang, berisi tentang rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Novel pada umumnya terdiri minimal 100 halaman dan lebih dari 40.000 kata. Novel mendasarkan jenisnya terbagi menjadi dua yaitu fiksi dan non fiksi. Novel fiksi ialah novel yang fiktif dan tidak pernah terjadi. Tokoh, alur maupun latar belakangnya hanya rekaan penulis saja. Sedangkan novel non fiksi kebalikan dari novel fiksi yaitu yang bercerita tentang hal nyata yang sudah pernah terjadi dan
tokoh, alur, maupun latar belakang berdasarkan pengalaman, kisah nyata atau sejarah.

Novel laris dibaca kalangan anak muda sebab novel bacaanya tidak monoton dan sangat menarik untuk dibaca. Novel ceritanya relatif seru,cocok dengan anak muda yang banyak kegiatan sebab bisa dibaca disela-sela waktu senggang dan tidak membutuhkan waktu yang lama.Variasi genre novel pun sangat bervariasi seperti genre horor, romance, fantasi, inspiratif, komedi, sejarah, dll. Genre romance ialah genre yang paling diminati dari sekian banyak genre tersebut. Kerapkali novel bergenre ini menjadi best seller ditoko-toko buku.

Di Indonesia banyak sekali tokoh-tokoh penulis novel terkenal,salah satunya Darwis atau dikenal dengan nama tenar Tereliye. Total karya pun sudah ada lebih dari 30 buku yang ditulisnya sejak tahun 2005. Tak sedikit juga karyanya yang menjadi best seller setiap kali terbit dipasaran.

Selain Darwis juga ada tokoh penulis novel terkenal lain seperti Pramoedya Ananta Toer, Ilana Tan, Raditya dika, Stephanie Zen, dll. Karya mereka pun saat terbit banyak diminati dan laku terjual dipasaran.

Novel walau hanya sekedar bacaan ringan, novel juga memiliki banyak manfaat diantaranya dapat menumbuhkan kreatifitas, meningkat memori otak dan menghilangkan rasa malas membaca. Dengan seringkali membaca novel wawasan dan ilmu pengetahuan juga akan bertambah.Demikian dengan meningkatnya minat baca novel dapat sedikit mengurangi kebiasaan malas membaca dikalangan anak muda dan diharapkan dapat mengubah mindset sebagian orang, yang menvonis bahwa kegiatan membaca sebagai kegiatan membosankan dan menjenuhkan tetapi membaca juga bisa menjadi kegiatan mengasyikan dan menyenangkan.

Baca Juga Tulisan Lain :

Diberdayakan oleh Blogger.
close