Selamat Datang di penadiksi.com

Produktivitas (Productivity) - Penadiksi

 Sumber Foto : Freepik.com

 

 

 

Pengertian Produktivitas (Productivity)

   Secara umum, para ahli belum menemukan kesepakatan tentang apa itu produktivitas (productivity). Drs. Malayu S.P. Hasibuan, mengemukakan :
 
   "Produktivitas adalah perbandingan antara output (hasil) dengan input (masukan). Jika produktivitas naik ini hanya dimungkinkan oleh adanya peningkatan efisiensi (waktu - bahan - tenaga) dan sistem kerja, teknik produksi dan adanya peningkatan keterampilan dari tenaga kerja."
 
    A. Blunchor dan E. Kapustin mengemukakan pendapatnya yang dikutip Drs. Muchdarsyah Sinungan, sebagai berikut :

   "Produktivitas kadang - kadang dipandang sebagai penggunaan intensif terhadap sumber - sumber konversi seperti tenaga kerja dan mesin yang diukur secara tepat dan benar - benar menunjukkan suatu penampilan yang efisiensi."
 
   International Labour Organization (ILO), mengungkapkan, secara sederhana produktivitas adalah perbandingan secara ilmu hitung antara jumlah yang dihasilkan dan jumlah setiap sumber yang dipergunakan selama produksi berlangsung.

   Dewan Produktivitas Nasional 1983 yang tercantum dalam Produktivitas dan Manajemen Suntingan J. Rivanto (1985;19), menjelaskan cara pengukuran produktivitas sebagai berikut :

   Produktivitas tenaga kerja dapat digambarkan dengan rumusan berikut :
   
   Produktivitas TK = Hasil Sebenarnya / Total Hari Kerja Sebenarnya

   Dengan pemahaman diatas, maka dapat diambil kesimpulan :
   "Produktivitas adalah perbandingan antara jumlah keluaran dan jumlah masukan secara ilmu hitung dalam suatu produksi."
 
 
 
 
Tambahan,
Produktivitas Kata Pembaca Penadiksi :
 
   "Produktivitas adalah perbandingan antara jumlah keluaran dan jumlah masukan secara ilmu hitung dalam suatu produksi." (Penulis)

   "Produktif itu bukan berarti selalu sibuk. Produktif itu adalah menghasilkan sesuatu. Orang yang sibuk belum tentu produktif, terkadang orang yang sibuk fokus sama sesuatu tanpa tau apa yang dia hasilkan. Tapi orang produktif tau, apa yang dia lakukan dan apa yang dia hasilkan." (Rizka Awaliah/Pelajar)

   "Produktivitas adalah segala sesuatu yang dilakukan membuahkan hasil dan ada nilai manfaatnya." (Neng Illa/Pelajar)
 
   "Produktivitas merupakan salah satu tindakan yang mampu membuat diri kita semakin berkembang." (Herman/Pelajar)
 
   "Produktivitas adalah sebuah usaha produksi yang membutuhkan sumber daya untuk meningkatkan daya produksi." (Euis/Pelajar)

  
 
Diberdayakan oleh Blogger.