Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Berapa Lama Kebiasaan Baru Terbentuk?

Berapa Lama Kebiasaan Baru Terbentuk?

Pengertian Kebiasaan

Manusia adalah makhluk yang spesial, karena manusia bisa melakukan sesuatu dengan dan tanpa berpikir. Ketika seseorang melakukan sesuatu secara otomatis maka hal tersebut dinamakan kebiasaan. Beberapa pengertian kebiasaan menurut para ahli diantaranya.

1. Kebiasaan Menurut Joko (2008:24)

Kebiasaan adalah perbuatan manusia yang tetap dilakukan berulang - ulang dalam hal yang sama.

2. Kebiasaan Menurut Sayid (2006:347)

Kebiasaan adalah pengulangan sesuatu secara terus menerus atau dalam sebagian besar waktu dengan cara yang sama dan tanpa hubungan akal, atau dia adalah sesuatu yang tertanam didalam jiwa dari hal - hal yang berulang kali terjadi dan diterima tabiat.

Baca Juga : Apa itu Kelompok Sosial?

3. Djali (2015:128)

Kebiasaan adalah cara bertindak yang diperoleh melalui belajar secara berulang - ulang, yang pada akhirnya menjadi menetap dan bersifat otomatis.

4. Asih (2010:38)

Kebiasaan adalah perbuatan sehari - hari yang dilakukan secara berulang - ulang dalam hal yang sama, sehingga menjadi adat kebiasaan dan ditaati oleh masyarakat.

Dari pengertian - pengertian kebiasaan tersebut bisa disimpulkan bahwa kebiasaan adalah suatu perbuatan yang dilakukan secara otomatis, karena sebelumnya telah dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga : Guru Harus Tahu, Kriteria Umum Pemilihan Media Pembelajaran

Berapa Lama Kebiasaan Baru Bisa Terbentuk?

Sebuah teori menyebutkan bahwa manusia hanya membutuhkan 21 hari atau 3 minggu untuk membentuk sebuah kebiasaan baru. Hal itu disebutkan oleh seorang ahli bedah plastik bernama Maxwell Maltz. Maltz dalam bukunya yang berjudul Psycho Cybernetics menyatakan manusia hanya membutuhkan waktu 21 hari untuk mengubah suatu kebiasaan dan membentuk kebiasaan baru. Berbeda dengan Maxwell Maltz, peneliti dari California Institute of Technology, University of Chicago dan University of Pennsylvania menyebutkan manusia membentuk kebiasaan berolahraga yaitu sekitar 4 - 7 bulan. [1]

Namun, menurut James Clear dalam bukunya Atomic Habits yang seharusnya ditanyakan bukan berapa lama kebiasaan baru itu terbentuk tapi berapa kali kegiatan harus diulang untuk menjadikannya kebiasaan baru. Bukan masalah apakah itu 21 hari atau 300 hari yang terpenting adalah tingkat keseringan yang dilakukan. Sehingga untuk membentuk kebiasaan baru perlu melatihnya dan konsisten terus melakukannya. [2]

Sebagai kesimpulan, untuk membentuk suatu kebiasaan baru seseorang harus fokus pada seberapa konsisten dia bisa melakukan suatu perbuatan. Adapun hitungan hari atau waktu, setiap orang memiliki perbedaan. Ada yang hanya memerlukan 21 hari, namun ada juga yang memerlukan waktu lebih lama dari itu.

Mushpih Kawakibil Hijaj, Penulis di Penadiksi.com.

Baca Juga : Hindari Kebiasaan Salahkan, Omeli, Kritik dan Mencela

Referensi :
[1] Trisna Wulandari, Teori '21 Hari' Dipatahkan, Lalu Berapa Lama Kebiasaan Bisa Terbentuk?, accessed on December 9, 2023, article link : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6691589/teori-21-hari-dipatahkan-lalu-berapa-lama-kebiasaan-bisa-terbentuk.
[2] James Clear, Atomic Habits (Indonesian Translation Edition), Jakarta : Gramedia, 2023, h. 166.

Diberdayakan oleh Blogger.
close