Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Ghasab (Materi Khutbah Jum'at)

Khutbah jum'at tentang ghasab
Hadirin kaum muslimin..

Segala puji hanya milik rabb yang maha mengetahui kebenaran. Shalawat serta salam terus melaju kepada baginda nabi Muhammad Saw. juga kepada keluarga dan para sahabat tak luput kita haturkan.

Berkat membaca shalawat dan salam dengan beradab, beramal shalih, berdoa dan berikhtiar. Insyaallah kita akan selamat dunia dan akhirat, selamat pula dari balai siksa dan azab. Hadirin kaum muslimin yang berbudi luhur dan beradab..

Khatib wasiat, bertakwalah kepada Allah Swt. Jalankan perintahnya dan jauhilah larangannya. Salah satunya, jauhilah perbuatan dosa yang disebut Ghasab. Bertaubatlah kepada Allah, karena sesungguhnya Allah itu maha penerima taubat.

Berangkat dari firman Allah surat an - Nisa ayat 29 : 

لَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ

Janganlah diantara kalian saling memakan harta kalian dengan cara batil. Seperti contoh sering terjadi. Batas tanah milik orang lain kita tarik kita ghasab. Karena kita lupa ilmu lupa adab, sikap demikian mari kita perbaiki jangan sampai terjadi.

Baca Juga :

Karena barangsiapa yang berbuat zalim, sedikit saja tanah orang lain kita ambil tujuh lapis bumi akan membelenggunya. Dan ingatlah hadis nabi Saw. bil ma'na, barangsiapa yang mengambil tanah jalan milik saudaranya yang muslim, meskipun hanya satu jengkal dengan cara mengghasab pada hari kiamat nanti tujuh lapis bumi akan membebaninya. Sungguh sangat dahsyat adzabnya.

Adapun arti dari ghasab sendiri adalah menguasai harta orang lain meskipun hanya sebatas kemanfaatan dengan paksa terang - terangan tidak ada istilah kata qabul dan ijab. Wallahua'lam bisshawab. maka berbuat mengghasab sesungguhnya termasuk salah satu dosa besar.

Hadirin kaum muslimin, sekali lagi ingat! diantara perbuatan zalim adalah ghasab. Perjalanan seorang hamba bisa terhalang karena perkara ghasab. Oleh sebab itu, jauhilah, hindarilah jangan sampai kita melakukannya. Wallahu a'lam bisshawab.. 

بارك الله لي ولكم في القران  العظيم ونفعني و ايّاكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم 

..وتقبّل مني و منكم  تلاوته انّه هو السميع العليم

اقول قولي هذا واستغفر الله العظيم لي ولكم ولسائر المؤمنين والمؤمنات والمسلمين  والمسلمات فاستغفروه انّه هو الغفور الرحيم

Diberdayakan oleh Blogger.
close