Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Bendaharawan Hadis Pada Masa Sahabat

 

Madinah
    Sahabat adalah generasi yang bertemu dan berguru langsung kepada Nabi Muhammad Saw. Sehingga jalan atau sandarannya sangat penting dalam periwayatan sebuah hadis. Hadis dihukumi Marfu jika bersambung kepada Nabi Saw. Mauquf jika bersambung sampai kepada para sahabat dan Maqthu jika bersambung sampai ke para Tabi'in. Disini penulis ingin memaparkan beberapa sahabat yang tercatat banyak meriwayatkan hadis dari Nabi Saw. Sehingga mereka disebut bendaharawan hadis. Siapa saja mereka?

1. Abu Hurairah r.a

    Nama asli Abu Hurairah adalah Abdurrahman bin Shakhr al - Dausy. Beliau lahir 598 M dan wafat 678 M. Nama Abu Hurairah adalah nama panggilan yang berarti bapak kucing. Nama itu diberikan rasulullah Saw. pada saat beliau melihat Abu Hurairah membawa kucing kecil yang keluar dari lengan baju gamisnya disuatu majlis rasulullah saw. 

    Abu Hurairah masuk islam pada tahun ke 7 atau setelah perang Khaibar. Menurut Baqi bin Mukhallad, Abu Hurairah meriwayatkan 5.374 hadis. Ia seorang yang banyak berfatwa, kumpulan fatwa - fatwa Abu Hurairah pernah dihimpun oleh Syaikh al - Subkhi dengan judul Fatawa Abi Hurairah r.a.. Pada tahun 678 M atau 59 H Abu Hurairah jatuh sakit dan meninggal di Madinah, dan dimakamkan di Pemakaman Baqi.

2. Abdullah bin Umar r.a

    Abdullah bin Umar atau yang sering disebut Ibnu Umar, lahir antara tahun ke 2 dan ke 3 kenabian. Abdullah bin Umar meriwayatkan 2.630 hadis, terbanyak kedua dalam catatan setelah Abu Hurairah. Beliau wafat pada tahun 73 H atau 693 M. 

3. Anas bin Malik

    Nama asli Anas bin Malik adalah Anas bin Malik bin Nadr al - Khazraj. Lahir pada tahun 612 M dan wafat pada tahun 712 M. Beliau adalah khadim rasulullah Saw. sehingga beliau sangat banyak meriwayatkan hadis dari rasul. Jumlah hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik mencapai 2.286 hadis. Imam Bukhari meriwayatkan hadis darinya sekitar 83 hadis dan Imam Muslim sekitar 71 hadis.

    Sebelum beliau meninggal, beliau pindah ke Basrah. Pada saat Anas bin Malik wafat, Muwarriq berkata, "Telah hilang separuh ilmu, jika ada orang yang suka memperturutkan kesenangannya saat berselisih dengan kami maka kami berkata kepadanya, marilah menghadap kepada orang yang pernah mendengar dari Rasulullah Saw."

4. Aisyah r.a

    Aisyah r.a. adalah putri sahabat mulia, yakni Abu Bakar ash - Shiddiq. Beliau adalah istri Rasulullah Saw. Ummul Mukminin. Karena beliau sangat dekat dengan Rasul maka tak heran jika beliau banyak meriwayatkan hadis. Jumlah hadis yang diriwayatkan Aisyah sebanyak 2.210 hadis. Imam Bukhari meriwayatkan hadis dari Aisyah sebanyak 54 hadis, sedangkan Imam Muslim meriwayatkan sebanyak 68 hadis. Aisyah meninggal pada tahun 57 H/668 M, pada bulan Ramadhan.

5. Abdullah bin Abbas r.a

    Nama lengkap Abdullah bin Abbas adalah Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalib bin Hasyim. Ayahnya adalah Abbas bin Abdul Muthalib yang tak lain adalah paman Rasulullah Saw. sedangkan ibu Abdullah bin Abbas adalah Lubabah binti Haris, yang dijuluki Ummu Fadl. Abdullah  bin Abbas meriwayatkan sekitar 1.660 hadis. Beliau wafat pada tahun 68 H.

6. Abdullah bin Amr bin Ash r.a

    Nama lengkapnya Abdullah bin Amr bin Ash bin Wail bin Hasyim. Kunyah-nya Abu Muhammad, ada yang mengatakan Abdurrahman dan ada juga yang mengatakan Abu Nushair al - Quraisy as - Sahmi. Ibu Abdullah bin Amr adalah Rabitah binti Munabah. Jumlah hadis yang diriwayatkan Abdullah bin Amr sekitar 700 hadis. Beliau wafat tahun 65 H, ada yang mengatakan tahun 63 H di Thaif. Beberapa versi lain mengatakan beliau wafat di Mekkah dan Syam.

Artikel Lainnya👉

Diberdayakan oleh Blogger.
close