Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Bulan Sya'ban Bulan Shalawat (Materi Khutbah Jum'at)


 Sumber Foto : Freepik.com

 

 

    Segala puji hanya milik Allah yang menguasai alam jagat. Kepada nabi kita sama - sama bershalawat, syafaatnya kelak di hari kiamat senantiasa akan lebih dekat. 

    Begitupula kepada keluarga dan para sahabat, terutama sahabat yang empat, Abi Bakar, Umar, Utsman dan Ali Sebagai Amirul Mu'minin dalam sejarah tercatat dan tersirat. 

    Khatib bertausiah bermaterikan wasiat,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

     Keimanan dan ketakwaan kita senantiasa meningkat, selagi sempat bacalah shalawat,. Karena firman Allah Swt. didalam salah satu ayat 56, Al - Ahzab sebagai nama surat. 

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

     Sesungguhnya Allah dan para malaikat, kepada nabi bershalawat, Hai kaum mu'minin dan mu'minat, bershalawatlah kalian kepada nabi panutan umat, dan ucapkanlah kepadanya salam beserta hormat.

Baca Juga : Memakmurkan Masjid Dengan Menjaga Lisan (Materi Khutbah Jum'at)

    Hadirin kaum muslimin jamaat shalat jum'at, semoga Allah memberi rahmat. Muhammad bin Alan Ash -shidiqi Asy - Syafi'i Al - Asyari Al - Maki, didalam kitabnya Dalilul Falihin Syarah Riyadhus Shalihin beliau mencatat, salah satu pendapat, di halaman 197 dari atas termasuk jajaran ke empat. Dikatakan bulan Sya'ban disebut bulan shalawat.

    Tapi bukan berarti di bulan Sya'ban kita diwajibkan membaca shalawat, melainkan di bulan Sya'ban ini kita alangkah baiknya memperbanyak membaca shalawat, karena bulan Sya'ban, bulan shalawat. 

    Seperti halnya dibulan ramadhan bulan diturunkan nya Al - Qur'an. Sebagaimana salah satu ayat, disurat Al - Baqarah 185, disana tersirat :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ

    Tapi dibulan itu kita tidak diwajibkan harus membaca Al - Qur'an, tapi hanya dikukuhkan. Alangkah baiknya jika memperbanyak membaca Al - Qur'an, Muakadah dalam hukum sunnah. Yang suka disebut sunnah muakadah. Sama halnya dibulan Sya'ban karena diturunkan ayat yang berkenaan dengan anjuran membaca shalawat. 

Baca Juga : Puasa Ramadhan dan Sabar ( Materi Khutbah Jum'at )

    Hadirin kaum muslimin jamaah shalat jum'at, semoga Allah memberikan rahmat. 

    Dikalangan umat, masing - masing mungkin berbeda pendapat. Di bulan Sya'ban terutama di separuh pertama bulan Sya'ban, nishfu Sya'ban sebutan di masyarakat sudah melekat. Sesungguhnya orang - orang mu'minin jika mengadakan kegiatan pada malam tertentu, termasuk malam nishfu Sya'ban, dengan beraneka ragam ibadah. Seperti membaca shalawat, membaca Al - Qur'an, dzikir dan berdoa. Itu dibolehkan dalam arti tidak makruh. Wallahu a'lam.

    Semoga dibulan Sya'ban iman kita bertambah, takwa kita meningkat, amal dan ibadah tambah - tambah semangat.  Dosa lahir, dosa batin tidak melekat dan berkarat. Karena kita kembali kepada Allah dengan beristigfar dan bershalawat, beribadah dan bertaubat. 

بارك الله لي ولكم في القران  العظيم ونفعني و ايّاكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم  

..وتقبّل مني و منكم  تلاوته انّه هو السميع العليم

اقول قولي هذا واستغفر الله العظيم لي ولكم ولسائر المؤمنين والمؤمنات والمسلمين  والمسلمات فاستغفروه انّه هو الغفور الرحيم

 Khutbah Lainnya : Baca Disini!

Diberdayakan oleh Blogger.
close