Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Pengaruh Perilaku Terhadap Keuangan

"The impact of behavior on finances."
Menurut Notoatmodjo (2010), perilaku adalah suatu kegiatan atau aktivitas organisme atau makhluk yang bersangkutan. Perilaku manusia adalah tindakan atau aktivitas manusia yang memiliki bentuk dan ragam yang sangat luas, seperti berjalan, berlari, tidur, makan, minum dan lain sebagainya. [1]

Dalam konteks keuangan, perilaku memiliki pengaruh yang sangat besar. Morgan Housel, seorang penulis keuangan terkenal mengatakan, mengelola uang dengan baik tidak ada hubungannya dengan kecerdasan anda dan lebih banyak berhubungan dengan perilaku anda. [2] Hal tersebut menunjukkan bahwa perilaku memiliki dampak besar pada keuangan seseorang.

Beberapa pengaruh perilaku terhadap keuangan, yaitu :

1. Perilaku Dalam Kebiasaan Sehari - Hari

Kebiasaan sehari - hari adalah peran kunci dalam keuangan seseorang. Pemasukan dan pengeluaran terjadi di kehidupan sehari - hari sehingga kebiasaan - kebiasaan yang terjadi akan sangat berpengaruh terhadap keuangan. Kebiasaan belanja yang tidak terkendali dan kurangnya perencanaan anggaran dapat menyebabkan kesulitan keuangan di kemudian hari. Sebaliknya kebiasaan menabung dan perencanaan anggaran yang baik dapat memberikan efek positif dalam hal keuangan di masa depan.

Karena hal tersebut, mempelajari bagaimana mengelola kebiasaan sehari - hari terutama yang berkaitan dengan keuangan adalah langkah penting untuk membangun dasar keuangan yang baik.

Baca Juga : [Review Buku] Teman Duduk - Arshy M.

2. Perilaku Ketika Menghadapi Risiko

Setiap orang memiliki perilaku yang berbeda ketika menghadapi suatu risiko. Ada Individu yang lebih suka mengambil risiko lebih tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih besar dan ada yang sebaliknya. Memahami bagaimana profil risiko pribadi dan bagaimana hal tersebut bisa memengaruhi keputusan keuangan adalah penting untuk membangun portofolio yang baik.

Baca Juga : Agama dan Stratifikasi Sosial (Pelapisan Sosial)

3. Perilaku Ketika Menyimpan Uang dan Investasi

Bagaimana menyimpan uang dan berinvestasi dapat mencerminkan keuangan seseorang. Ada seseorang yang memilih menabung di bank, berinvestasi di pasar saham dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa memengaruhi keuangan mereka. Mempelajari bagaimana menyimpan uang dan berinvestasi yang baik dapat membantu seseorang untuk mengelola keuangan dengan bijaksana.

4. Perilaku Terhadap Utang

Perilaku terhadap utang juga memiliki dampak besar terhadap keuangan seseorang. Kebiasaan membayar utang tepat waktu dan mengelola utang dengan bijaksana dapat membantu menjaga kesehatan keuangan di masa yang akan datang. Sebaliknya, kebiasaan menumpuk utang tanpa rencana pengelolaan yang baik dapat menciptakan beban finansial yang berat.

Dari beberapa poin diatas, bisa disimpulkan bahwa pengaruh perilaku terhadap keuangan adalah perilaku bisa membentuk arah keuangan seseorang. Melalui pemahaman yang baik, perencanaan dan pengelolaan risiko yang cermat seseorang dapat membentuk fondasi keuangan yang stabil dan meraih tujuan finansial yang lebih sukses.

Mushpih Kawakibil Hijaj, Penadiksi Writer.

Baca Juga : Apa Itu Kelompok Sosial?

Referensi :

[1] http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/657/2/BAB%20II.pdf
[2] Morgan Housel, The Psychology Of Money, terj. Zia Anshor, Tangerang Selatan : Penerbit Baca, 2022, halaman. XV
Diberdayakan oleh Blogger.
close