Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Jangan Lupa Self Love Ya

self love

Assalamu'alaikum sobat, bagaimana kabarmu? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, baik sehat fisik maupun sehat mental pastinya. Aamiin

Oh ia sobat, apakah kamu pernah mendegar self-love ? Atau mungkin istilah ini masih asing terdengar di telingamu. Namun taukah kamu, seiring berjalannya waktu, ternyata istilah self-love sudah mulai diketahui oleh public loh. Sooo, apa itu self-love?

Kalau kedua kata tersebut dipisah, self artinya diri sendiri dan love artinya mencintai. Lalu kalau keduanya digabung apakah menjadi mencintai diri sendiri?
Yup, sesuai dengan arti kata tersebut, self-love adalah mengenali diri sendiri, baik kelebihan, maupun kekurangan dan kalau sudah kenal, kita akan lebih mencintai diri sendiri dan akan lebih menikmati kehidupan itu sendiri.

Mengutip Brain & Behavior Research Foundation, self love artinya penghargaan terhadap diri sendiri dengan tindakan yang mendukung untuk kebaikan psikologis dan spiritual. Mencintai diri sendiri berarti menjunjung tinggi kesejahteraan dan kebanggaan pada diri sendiri.

Self love berarti tidak mengorbankan diri untuk menyenangkan orang lain. Mencintai diri sendiri bisa diartikan berbeda, sebab setiap orang memiliki cara dalam membahagiakan diri sendiri. Nah, mencari tahu seperti apa cara mencintai diri sendiri versi kamu penting untuk kesehatan mental.

Coba kamu bayangkan, jika seseorang membenci dirinya sendiri. Ia tidak akan menikmati hari-harinya dan emosi yang ada pada dirinya adalah emosi negatif, seperti kesal, marah, iri, dan lain sebagainya. Perasaan tersebut tentu akan membuat kamu semakin lelah.

Sebagaimana Allah SWT berfirman :
"Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu, ”Bersyukurlah kepada Allah! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya, Maha Terpuji," (TQS. Luqman ayat 12).

Maka dari itu sudah jelas bahwa dengan mencintai diri sendiri dan bersyukur atas segalanya, maka Allah akan menambahkan nikmat. Dan bagi yang mengingkarinya maka sesungguhnya azab Allah amatlah pedih, sebagaimana Allah SWT berfirman :
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih," (TQS. Ibrahim ayat 7).

Bagaimana sobat, apakah masih ada pertanyaan yang mengganjal tentang self love ini? Pasti ada ya ... 
Apakah kalian sedang bertanya-tanya bagaimana caranya bisa self love?. Ok kalau gitu, kita bahas tips agar bisa mencintai diri sendiri.

1. Menjaga diri sendiri
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kenali dirimu sendiri. Kamu tahu kelebihan dan kekurangan, tahu apa yang kamu suka dan tidak suka. Setelah kamu benar-benar mengenali diri sendiri, kamu tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga diri.

2. Menjauhi lingkungan toxic
Lingkungan toxic adalah lingkungan yang negatif dan memungkinkan kamu untuk tidak berkembang. Maka dari itu, menjauhi lingkungan toxic adalah salah satu cara agar dapat mencintai diri sendiri. 

3. Bersyukur dan berpikir positif
Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, bahwa ketika kita bersyukur maka Allah akan menambahkan nikmat. Lalu tidak lupa untuk berfikir positif, karena dengan pikiran yang positif dan tenang maka tidak akan mudah mengambil keputusan tanpa mempertimbangkannya matang-matang.

4. Tidak membandingkan diri dengan orang lain
Bangga dan mencintai diri sendiri dengan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Karena pada hakikatnya setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikanlah apresiasi dan kepercayaan kepada diri sendiri sebagai bentuk mencintai diri sendiri.

5. Konsisten
Memulai itu mudah, yang sulit itu mempertahankannya. Kalau kamu bisa tetap konsisten, Kamu Hebat! Kamu keren! Dan Kamu adalah seorang Pemenang. Semangat...

Wallahu a'llam Bissawab
__________________________
Oleh : Rantika Nur Assiva
Mahasiswi IUQI Bogor
Diberdayakan oleh Blogger.
close