Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Berbaik Sangka Kepada Allah (Ar-Roja)

Yang dimaksud dengan ar-roja adalah berbaik sangka kepada Allah. Diantara tanda berbaik sangka kepada Allah adalah mengharapkan rahmat, jalan keluar, ampunan, dan pertolongan dari Allah SWT.

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (TQS. Al-Baqarah : 218).

Hai sobat, masalah apapun yang sedang kamu hadapi. Seberat apapun ujian yang kamu alami. Tetaplah berbaik sangka kepada Allah, karena Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Sebagaimana Rasulullah SAW. bersabda, Allah berfirman :
"Aku tergantung hamba-Ku kepada-Ku. Apabila ia berprasangka baik kepada-Ku, maka kebaikan baginya dan bila berprasangka buruk maka keburukan baginya." (HR. Ahmad dengan sanad hasan dan Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya). 

Nah sobat, jadi sudah jelas ya bahwasanya ketika mengalami masalah, berbaik sangka lah kepada Allah maka kebaikan yang akan kita dapatkan. Namun jika ketika mengalami masalah dan kita malah berburuk sangka kepada Allah, maka keburukan yang akan kita dapatkan.

Bak kata pepatah "Sudah jatuh tertimpa tangga", maksudnya masalah belum selesai, karena kita berburuk sangka kepada Allah, maka keburukan juga yang kita dapatkan. Tidak mau kan sampai mengalami masalah bertubi-tubi ?

Jadi solusi terbaik ketika kita mengalami sebuah permasalahan adalah berprasangka baik kepada Allah. Selain itu jangan lupa juga untuk bersabar dan bersyukur.

Jangan sampai malah berputus asa dari rahmat Allah. Putus asa dari rahmat Allah dan karunia-Nya hukumnya haram. Sebagaimana Allah SWT. berfirman :
"Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah barita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir." (TQS. Yusuf : 87).

"Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan pertemuan dengan Dia, mereka putus asa dari rahmat-Ku, dan mereka itu mendapat azab yang pedih." (TQS. Al-Ankabut : 23).

Wallahu a'llam bisshawab
__________________________
Oleh : Rantika Nur Assiva
Sc picture:
https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fimg.okezone.com%2Fcontent%2F2020%2F07%2F13%2F330%2F2245889%2Findahnya-berbaik-sangka-kepada-allah-ta-ala-cqJoX7Qj8I.JPG&tbnid=RbrPDWU8wsssQM&vet=1&imgrefurl=https%3A%2F%2Fmuslim.okezone.com%2Fread%2F2020%2F07%2F13%2F330%2F2245889%2Findahnya-berbaik-sangka-kepada-allah-ta-ala&docid=D7Xy6sIGoZ2fxM&w=707&h=401&hl=in-ID&source=sh%2Fx%2Fim%2Fm1%2F4

Diberdayakan oleh Blogger.
close