Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Hassan bin Bilal (Seorang Yang Tsiqah)

Sumber Pixabay

    Namanya, Hassan bin Bilal al – Muzani al – Bashri. Guru – gurunya adalah, Ammar bin Yasir, Hakim bin Hizam, Yazid bin Qatadah dan sahabat lainnya.  Adapun muridnya seperti, Qatadah, Abu Bisyr Ja’far bin Abi Wahsyiyyah, Abu Qilabah Abdullah bin Zaid al – Jarmiy, Yahya bin Abi Katsir dan murid lainnya.

    Penilaian terhadap Hasan bin Bilal, dari Ali ibnu Madiniy mengatakan tsiqah.  Adapun tentang guru-murid Hasan dengan Ammar bin Yasir dinilai Majhul oleh ibnu Hazm, dikarenakan tidak diketahui pertemuan antar keduanya.  Dalam kitab Tahzibul Kamal tidak disebutkan periwayatan Hassan dari Amar. Namun dapat ditemukan dalam kitab Tahzibut Tahzib Ibnu Hajar. Karena Ibnu Hajar menilai, cukup dengan keterangan tsiqah dari Ibnu Madiniy.  Kemajhulannya terselamatkan.

Tulisan Lainnya👉

Diberdayakan oleh Blogger.
close