Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Romantisme Mimar Sinan, Sang Arsitek Legendaris Kesultanan Utsmani

Sumber Foto : Google Image

 

 

 

   Koca Mi'mâr Sinân Âğâ atau dikenal dengan sebutan Mimar Sinan (Mimar dalam bahasa turki berarti arsitek) adalah seorang arsitek legendaris islam pada masa kesultanan Utsmaniyah. Ia lahir pada tahun 1489 M, di Anatolia. Dan meninggal pada tahun 1588 M. Pada mulanya, Mimar Sinan bernama Joseph, ia lahir dari orang tua kristen Yunani atau Armenia. Ia mengikuti ayahnya sebagai tukang batu dan kayu, sampai akhirnya ia masuk korps militer Inkisyariyah dan masuk islam. Ia pun mulai bekerja resmi di kesultanan Utsmaniyah pada masa sultan Sulaiman I (1520 - 1566 M).

   Pada tahun 1530-an, Mimar Sinan mulai memperlihatkan bakatnya sebagai arsitek. Ia mengawali kariernya dengan merancang dan membangun jembatan dan benteng - benteng militer. Karena kemampuannya yang luar biasa, ia pun dipercaya untuk merancang masjid - masjid dan istana - istana kesultanan Utsmaniyah. Jumlah bangunan yang ia rancang adalah ; 79 masjid, 34 Istana, 33 pemandian umum, 19 makam, 55 sekolah, 16 rumah miskin, 7 madrasah dan 12 karavan. Ditambah ia pun merancang rumah sakit, saluran air dan air mancur.

   Masjid Suleymaniye di Istanbul dan Masjid Selimiye di Edirne, adalah dua karya Mimar Sinan yang sangat terkenal. Masjid Suleymaniye dibangun pada masa sultan Sulaiman I, sekitar tahun 1550 M dan selesai ditahun 1557 M. Masjid ini memiliki 4 menara setinggi 56 meter dan 76 meter dan kubah besar berwarna biru berdiameter 26,6 meter. Dan diatasnya terdapat kubah - kubah kecil yang sangat indah. Adapun Masjid Selimiye dalam bahasa turki Selimiye Camii dibangun pada masa sultan Selim II antara tahun 1569 M - 1575 M. Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa, sultan Selim II bermimpi bertemu dengan Rasulullah Saw. yang memintanya untuk membangun masjid ditempat itu. Dan akhirnya sultan Selim II pun membangun masjid yang diarsiteki sang arsitek legendaris Mimar Sinan, masjid itu akhirnya diberi nama Selimiye Camii atau Masjid Selimiye. Masjid Selimiye ini memiliki 999 jendela yang melambangkan kesempurnaan Allah Swt. Setiap jendelanya memiliki 5 tingkat, yang bermakna rukun islam. Selain itu, masjid ini memiliki 4 menara, dengan 32 pintu masjid. 

   Ketika mengarsiteki masjid Selimiye. Mimar Sinan menunjukkan sisi romantisme nya. Simbol - simbol yang ia buat mengandung arti yang sangat mendalam. Pada salah satu tiang marmer penyangga Maqshurah (ruang shalat khusus untuk sultan), diukirnya gambar bunga tulip terbalik. Ukiran itu dibuat oleh Mimar Sinan ketika ia sedang berduka karena kehilangan saudara perempuannya. Untuk mengenang saudara perempuannya itu, Mimar Sinan mengukir bunga tulip sebagai personifikasi saudara perempuannya yang sangat menyukai bunga tulip dan diukir dengan posisi terbalik sebagai penggambaran duka kehilangannya.

   Selain Masjid Suleymaniye dan Masjid Selemiye. Karyanya yang juga terkenal adalah Masjid Mihrimah atau dalam bahasa turki disebut Mihrimah Camii di dua kota, yakni kota Edirnekapi dan kota Uskudar. Masjid ini dibangun atas permintaan putri sultan Sulaiman, yakni Mihrimah. Ternyata, putri sultan Sulaiman ini adalah perempuan yang dicintai Mimar Sinan. Namun sayang, Mihrimah sang putri sultan, menikah dengan seorang bangsawan bernama Rustem Pasya. Untuk menggambarkan kecintaannya kepada Mihrimah, Mimar Sinan membuat dan merancang masjid yang luar biasa. Bukan hanya dari segi arsitekturnya saja yang indah akan tetapi dalam realitasnya ada perhitungan sains dan astronomi yang menakjubkan.

   Setiap tanggal 21 maret, tepat tanggal kelahiran Mihrimah. Matahari senja akan terlihat tenggelam dibelakang masjid Mihrimah di Edirnekapi, persis berbarengan dengan terlihatnya bulan baru di masjid Mihrimah di Uskudar. Dan bukan sebuah kebetulan, karena secara harfiah, nama Mihrimah memiliki arti matahari dan bulan. Hmm, so sweet ya..

   Begitulah sisi romantisme Mimar Sinan, sang arsitek legendaris kesultanan Utsmani. Dengan kehebatannya, ia sering disandingkan dengan Michelangelo atau Leonardo da Vinci. Namanya juga diabadikan disuatu universitas yakni Mimar Sinan Guzel Sanatlar Universitesi atau Mimar Sinan Fine Arts University di Istanbul.


Baca Juga :

- Sultan Muhammad II (Al- Fatih) Penakluk Konstantinopel 1453 M

- Sultan Murad II Ayah Al - Fatih Penakluk Konstantinopel 1453 M

- Hubungan Baik Antara Kesultanan Utsmaniyah Dengan Kesultanan Aceh

- Inkisyariyah (Jeniseri) Pasukan Legendaris Kesultanan Utsmaniyah

- Sejarah Peradaban Islam Masa Daulah Safawiyah di Persia (Pesaing Kesultanan Utsmaniyah) 

Diberdayakan oleh Blogger.
close