Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

Al – Laits bin Sa’ad (Imam Mesir)

Imam Mesir

Nasab

    Al – Laits bin Sa’ad bin Abdurrahman al- Fahmi. Kunyah-nya Abu al-Harits. Ia seorang imam di Mesir. Bapaknya Sa’ad bin Abdurrahman.

Kehidupan

    Al- Laits dilahirkan di Qarqasyand pada tahun 94 hijriah. Dikatakan ia adalah seorang yang kaya raya dan dermawan. Ia sangat ahli dalam bidang ilmu fiqh, berkata Imam Syafi’i, al- Laits lebih ahli ketimbang Malik dalam bidang fiqh. Menurut Ibnu Madini, al-Ajly dan an-Nasai, al-Laits adalah seorang yang tsiqah. 

Guru dan Murid

    Al- Laits memiliku banyak guru, diantaranya, Nafi, Yazid bin Abi Habib, Yahya bin Sa’id al- Anshari, Ibnu Ajlan, Hisyam bin Urwah, Atha bin Abi Rabah, Bukair bin al- Asyji, al- Harits bin Ya’kub, Abdurrahman bin al-Qasim, Qatadah, Ubaidullah bin Umar, Musa bin Ali bin Rabah, Abi Zubair al-Makki, Ayub bin Musa, Ja’far bin Rabiah, Abdullah bin Abi Ja’far, Shafwan bin Sulaim, Yahya bin Ayub, Abdul Aziz al-Majisyun dan lainnya.
    Adapun murid yang meriwayatkan darinya seperti, Syu’aib, Muhammad bin Ajlan, Hisyam bin Sa’ad, Qais bin Rabi’, Ibnu al- Mubarak, Ibnu Wahb, Abu Nadhr, Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’ad, Abu Salamah al-Khuza’i, Qutaibah bin Sa’id dan murid lainnya. 

Wafat

    Al – Laits bin Sa’ad meninggal pada tahun 175 hijriah. Dikatakan Ya’qub bin Sufyan dari Abi Bukair, dilahirkan al-Laits pada tahun 94 hijriah dan meninggal pada hari jum’at, pertengahan bulan Sya’ban, tahun 175 hijriah.  Sekitar umur 81 tahun.

Penilaian Ulama Terhadap Al - Laits Bin Sa'ad

    Menurut Ibnu Sa’ad, Ahmad, Ibnu Main, Ibnu Madiniy, Ibnu Ajly, an-Nasa’i dan Ya’qub bin Syaibah, sepakat atas ke tsiqahan al-Laits bin Sa’ad.  Abu Zur’ah, Ibnu Khiras dan ulama lain mengatakan Shaduq.  Dari penilaian – penilaian tersebut, maka dapat dipastikan periwayatan al-Laits dapat diterima dan shahih.

Diberdayakan oleh Blogger.
close