Selamat Datang di penadiksi.com

10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah (Materi Khutbah Jum'at)

Masjid Khutbah Jum'at
Sudah menjadi kata sepakat, bahwa puji dan syukur menjadi dua kata satu kalimat, yang hanya milik Allah Swt. sang maha Qudrat. Yang telah memberikan kita anugrah serta nikmat, penuh berkah dan manfaat, kita diberi waktu sempat untuk dijalankan dengan penuh semangat.

Salam sejahtera mengiringi shalawat, kepada Rasul Saw. sang panutan umat, yang membawa kabar dan ma'lumat. Pahala bagi orang - orang yang taat, dan sangsi serta siksa bagi orang - orang yang berdosa dan gemar melakukan maksiat.

Shalawat dan salam juga dihaturkan kepada keluarganya dan para sahabat, segenap kaum muslimin dan muslimat. Terkhusus kepada hadirin jama'ah shalat jum'at yang semoga Allah Swt. memberikan rahmat.

Dengan segala hormat, khatib menyampaikan wasiat. Bertakwalah kepada Allah Swt. dengan takwa yang taat, beribadahlah dengan penuh semangat, gunakanlah masa - masa istimewa dengan mencari manfaat, mumpung masih sempat, karena bisa jadi masa itu hanya sepintas dan begitu saja terlewat.

اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ

وَاَطِيْعُوا اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَۚ


Semoga dengan wasiat, menjadikan diri khatib selamat. Dan kita yang menghadiri sidang jum'at ini bisa mengambil manfaat dan semoga Allah Swt. melimpahkan banyak rahmat.

Baca Juga :

Hadirin kaum muslimin jamaah shalat jum'at. Hari ini kita berada dalam hitungan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, atau yang disebut :

فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ

Dalam Al - Qur'an, surat Al - Hajj ayat ke - 28. Insyaallah bisa dilihat.

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ


Mereka bersyukur dengan menyebut nama Allah pada hari اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ

Tafsir Jalalain mencatat : اي عشر ذي الحجة

10 hari pertama bulan Dzulhijjah, ini mungkin Qaul pertama dari beberapa pendapat.

Ibnu Abbas berpendapat, dalam tafsir Ibnu Katsir halaman 216 juz 3 baris ke - 9 dari bawah bisa terlihat :  

الايام المعلومات

ايام العشر

Hari - hari ma'lumat, yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dengan qaul tadi diatas sama dan sependapat.

Sungguh luar biasa hari itu, jika banyak digunakan untuk beribadah dan melakukan hal - hal yang bermanfaat. Pada hari ke - 9 nya, yaitu hari Arafah jika berpuasa keutamaannya sangat besar, Rasulullah Saw. pernah diminta pendapat, mengenai shaum arafah, beliau menjawab bahwa puasa tersebut bisa menghapus dosa satu tahun kedepan dan satu tahun yang sudah terlewat. Maka karena hal itu, bila sempat dan memiliki niat, berpuasalah pada hari itu, agar mendapat keutamaan yang sudah tersurat.

Hadirin jamaah shalat jum'at,

Tibalah pada akhir materi khutbah jum'at, beribadahlah dengan semangat, tawakal mencari rahmat, jangan sampai hidup dan berkehidupan tidak dengan takwa dan taat.

بارك الله لي ولكم في القران  العظيم ونفعني و ايّاكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم 

..وتقبّل مني و منكم  تلاوته انّه هو السميع العليم

اقول قولي هذا واستغفر الله العظيم لي ولكم ولسائر المؤمنين والمؤمنات والمسلمين  والمسلمات فاستغفروه انّه هو الغفور الرحيم

Diberdayakan oleh Blogger.